Wisata Religi ke Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon

Sekitar dua minggu lalu kami memberikan fasilitas transportasi untuk rombongan wisatawan lokal dari Jakarta, yang semula bertajuk travel jakarta cirebon berubah menjadi layanan transportasi wisata religi dengan destinasi masjid agung sang cipta rasa.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa cirebon nalatra.com

Masjid Agung Sang Cipta Rasa menjadi masjid paling tua yang masih berdiri kokoh sebagai saksi sejarah masa masa kejayaan Kesultanan Cirebon. Konon, masjid yang berlokasi di areal kesultanan Cirebon ini adalah wujud persatuan wali songo dalam berdakwah menyebarkan agama islam di pulau jawa.

Arsitektur masjid yang unik ternyata menyimpan banyak sejarah didalamnya. Masjid agung Sang Cipta Rasa menjadi salah satu peninggalan kebudayaan di Cirebon yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini.

Salah satu yang paling terkenal adalah azan pitu. Azan yang dikumandangkan oleh tujuh muazin secara bersamaan merupakan ciri khas yang dimiliki masjid ini.

Dalam sejarah tertulis bahwa masjid ini dibangun oleh 500 orang pilihan, tak heran bila artitektur dan kemegahan masjid ini sampa sekarang masih terpelihara dengan baik

Sebagai masjid pertama yang dibangun sekitar tahun 1480, sudah barang tentu masyarakat dan pemerintah setempat berupaya sekuat tenaga melestarikan peninggalan para wali yang memiliki arsitektur unik tersebut.

Penyebutan Sang Cipta Rasa besumber dari tiga kata yakni “sang” yang bermakna agung,  Cipta yang bermakna bangun dan “Rasa” yang bermakna guna. Konon, seluruh artsitektur masjid ini merupakan ide dan karya dari Sunan Kalijaga yang dibantu oleh raden sepat dari majapahit. Karenanya, tak heran bila bentuk arsitektur bangunan ini memiliki keunikan baik dari sisi eksterior maupun interior.

Paduan akulturasi budaya islam dan hindu tercermin dari beberapa bagian, anda bisa melihat mihrab dari ukiran khas majapahit, dan juga pembagian ruang ruang. Ada ruang beranda dan juga ruang utama yang dijadikan tempat beribadah

Keunikan lain yang bisa anda temukan saat berkunjung ke masjid sang cipta rasa adalah adzan yang dikumandangkan oleh 7 orang secara bersamaan.

Banyak keunikan dan ciri khas dari masjid ini yang belum tentu anda temui pada masjid lain, oleh karenanya tempat ini wajib menjadi salah satu objek wisata religi saat anda sedang atau berencara mendatangi kota cirebon.

Bagi anda warga Jakarta dan sekitarnya, Lokasi masjid agung cipta rasa biasa dijangkau hanya dengan empat jam perjalanan dengan mobil pribadi. Jarak dan waktu tempuh yang lebih singkat ini berkat telah beroperasinya tol transjawa yang membentang dari ujung timur pulau jawa hingga ke barat di merak serang banten.

Leave a Reply