Tips mengobati bebek lumpuh

Pada saat proses peternakan pasti ada saja yang akan membuat kondisi kesehatannya terganggu seperti kelumpuhan, sehingga peternak harus mengetahui tips mengobati bebek lumpuh.

Penyakit lumpuh pada bebek peking salah satunya akan menjadi tantangan bagi para peternak, sehingga sangat diwajibkan untuk semua peternak mengetahui cara mengatasinya dan memperhatikan jenis pakan nya untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi.

Langkah pertama yang harus peternak ketahui adalah penyebabnya, karena memiliki gejala awal pada bebek petelur akan mengalami penurunan produksi telur dan untuk bebek pedaging juga terjadi penurunan dalam berat badannya.

Penyebab kelumpuhan yang terjadi pada bebek bisa saja dipengaruhi beberapa faktor, seperti kekurangan vitamin D atau bisa juga disebabkan oleh serangan bakteri yang bernama Botulismus.

Langkah kedua dengan memperhatikan asupan nutrisi, karena nutrisi yang seimbang membuat kebutuhan tulang terpenuhi dan daya tahan tubuh kuat dengan memberikan nutrisi tambahan.

Berikan pakan mengandung mineral fosfor, kalsium dan untuk vitamin D perhatikan posisi kandang agar cahaya matahari masuk kedalam kandang dengan sempurna dalam memenuhi kebutuhan tulang tambahkan 2% tepung tulang pada ransum pakannya.

Kebersihan kandang harus diperhatikan, karena menjadi salah satu penyebab kelumpuhan yang disebabkan disebabkan oleh infeksi bakteri berasal dari sisa-sisa pakan menempel pada kandang mengandung bakteri dan tidak sengaja dikonsumsi oleh bebek.

Pengobatan yang bisa dilakukan pada saat bebek mengalami kelumpuhan, yaitu dengan cara memberikan es batu ataupun air kelapa untuk meningkatkan jumlah cairan dengan cepat dan membuat racun lebih encer agar mempermudah proses pengeluarannya.

Leave a Reply