Tips Memilih Jurusan Kuliah

Berbagai pertanyaan perihal pilih jurusan kuliah yang sesuai pasti terlintas oleh pelajar yang baru tamat sekolah dan dambakan melanjutkan ke jenjang perkuliahan .

Tidak cuma kuantitas perguruan tinggi yang jumlahnya raih ribuan di Indonesia tapi banyak variasi jurusan kuliah yang tersedia pun pasti sebabkan bingung untuk pilih mana yang sesuai untuk ditetapkan sebagai daerah berlabuh.


Jurusan mana yang mestinya aku ambil?” “Ada berapa sebetulnya jurusan kuliah yang ada?” “Bagaimana langkah pilih jurusan kuliah yang tepat?” dan bermacam pertanyaan lain perihal jurusan / prodi kuliah yang dapat bikin galau.


Pertanyaan – pertanyaan di atas mungkin sering terlintas di benak para Gen Z yang bakal masuk kuliah. Jika kalian tetap bingung, lihat tips pilih jurusan kuliah yang sesuai dan tepat untuk jaman depan kalian di bawah ini.

Pahami minat dan bakat.

Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang wajib dipilih, baik dari ortu ataupun pilihan diri sendiri, kita memerlukan alasan tepat untuk memilih.


Cara pilih jurusan kuliah pasti tidak sama dari langkah kita pilih menu makanan atau tema ponsel yang kalau kala kita bosen dapat langsung berganti tema.

Tapi bagaimana dengan jurusan kuliah?

Itulah sebabnya kita wajib jelas apa minat dan bakat yang kita miliki. Pengetahuan inilah yang dapat membantu kita pilih jurusan kuliah.
Pemahaman yang baik bakal diri sendiri inilah yang dapat sebabkan kita bertahan hadapi bermacam tantangan saat belajar perihal pengetahuan dan skills baru di bangku kuliah nanti.

Lakukan riset jurusan-jurusan kuliah yang dipilih.

Cara pilih jurusan kuliah yang satu ini dapat membantu kawan baik yang terlalu ngeblank dambakan kuliah di jurusan apa. Yes, do your own research, Sobat Pintar. Ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada.


Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.


Study and compare-sandingkan, bandingkan daftar jurusan kuliah yang tersedia padamu.


Learn all facts. Langkah-langkah ini dapat membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara inipun dapat diterapkan saat kita punyai sebaris daftar jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan sendiri atau rekomendasi ortu.

Konsultasi dengan orang dekat berpengalaman/profesional di dunia kerja.
Diskusikan bermacam pilihan jurusan kuliah yang tersedia saat ini dengan ahlinya. Misalnya psikolog pendidikan. Atau diskusi dengan seseorang yang dekat denganmu termasuk dapat mengurai benag kusut di kepala, sobat.


Mereka yang punyai pengalaman dan kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan baru yang fresh.


Lebih baik ulang andaikata kita dapat mengombinasikan dua langkah pilih jurusan kuliah ini bersamaan. Gunakan hasil riset sebagai bahan diskusi. Bukankah hasilnya bakal lebih baik?

Pahami keuntungan dan konsekuensi pilihan.

Bear in mind, nothing’s perfect. Begitu termasuk dengan jurusan kuliah. Bisa jadi jurusan kuliah A sesuai dengan minatmu tapi prospek kerjanya terbilang kurang menarik.


Atau sebaliknya, tersedia jurusan kuliah B yang bidang ilmunya kurang menarik tapi kemampuanmu lumayan baik disitu.


Sebaik apa-pun pilihan yang ocoba kita ambil, selamanya bakal tersedia kekurangan disitu. That’s why, jelas konsekuensi dari pilihan jurusan kuliah yang diambil alih itu penting. Jangan cuma dicermati segi positif atau keuntungannya saja ya sobat.

Leave a Reply