Tahukah Anda Bermain Tapak Gunung Bisa Meningkatkan Kreatifitas Anak?

Tahukah Anda Bermain Tapak Gunung Bisa Meningkatkan Kreatifitas Anak? Ya, mungkin ada beberapa orang yang menanyakan hal serupa dan bingung mencari jawabannya. Pada tulisan kali ini, penulis tertarik untuk membahas tentang permainan tradisional yang bisa menambah kreativitas dan aktivitas positif terhadap anak. Tulisan ini didasari karena melihat dari perkembangan zaman dengan teknologi yang sangat maju. Tidak terlepas juga dari perkembangan permainan ‘elektronik’ yang sangat maju pesat serta memudahkan setiap orang tidak terkecuali oleh anak-anak.

Permainan modern yang mampu meningkatkan kreatifitas anak memang banyak. Akan tetapi dalam tulisan kali ini, penulis lebih tertarik mengangkat tulisan tentang permainan tradisional. Dengan harapan permainan ini akan terus bertahan hingga mampu bersaing dengan permainan modern lainnya. Jadi ayo bermain tapak gunung bersama generasi penerus kita!

Permainan taplak gunung ini bisa dimainkan oleh banyak orang, dengan permainan dilakukan oleh satu orang terlebih dahulu. Umumnya engklek di buat pada tempat yang sedikit luas, bisa dilakukan di halaman, taman maupun di tempat yang memiliki area sedikit luas. Kebanyakan permainan engklek ini terdiri dari delapan kotak dan satu gambar setengah lingkaran, tapi ada juga taplak gunung yang di gambar dengan jumlah sembilan kotak. Bukan sesuatu yang harus diperdebatkan, karena berapapun jumlah kotaknya akan tetapi sistem permainannya akan sama. Seru bukan? Anda juga bisa merasakan keseruan yang sama ketika bermain dalam pkv games online .

Lalu apa kaitannya permainan taplak gunung ini dengan meningkatkan kreatifitas anak, sebenarnya permainan tradisional ini bukan hanya meningkatkan kreatifitas saja, akan tetapi banyak sekali yang bisa di ambil dari permainan tradisional ini. Disini penulis mencoba untuk membahas dampak permainan ini terhadap perkembangan anak.

Dari segi perkembangan sosialisasi

Seperti yang penulis ungkapkan di atas bahwa bermain tapak gunung bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih, disini anak akan belajar berinteraksi satu dengan yang lainnya. Karena akan terjadi komunikasi antar mereka baik dalam segi penentuan siapa yang akan memulai permainan tersebut, komunikasi aturan main antar mereka hingga saat permainan dimulai akan terjadi komunikasi-komunikasi lainnya yang berkaitan dengan permainan tersebut.
Terjalinnya komunikasi verbal tersebut lah yang akan meningkatkan kemampuan anak dalam negosiasi hingga pencapaian kesepakatan antara satu dengan lainnya, selain itu hal ini juga bisa meningkatkan rasa kekeluargaan antara mereka.

Leave a Reply