SURAT IZN MENGEMUDI (SIM) A B C

SURAT IZN MENGEMUDI (SIM) A B C – Setiap pengendara bermotor (baik sepeda motor, mobil ataupun truk) harus memiliki SIM. Di Indonesia, SIM dibagi menjadi beberapa kelompok atau golongan SIM.

surat izin mengemdi a b c

Kelompok Golongan SIM adalah penentu jenis kendaraan yang dapat dikemudikan oleh pemilik SIM sesuai dengan kompetensi orang yang lulus uji pembuatan SIM, kemampuan dan keterampilan mengemudi di jalan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan UU No. 22 Tahun 2009 mengenai peraturan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dan berikut ini adalah kelompok golongan SIM yang ada di Indonesia:

SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) PERORANGAN

SIM A (Surat Izin Mengemudi Mobil) berlaku untuk mengendarai mobil penumpang dan barang individu dengan jumlah berat yang diizinkan tidak lebih dari 3.500 kg. Contoh dari kendaraan yang bisa dikemudikan oleh pemilik SIM A yaitu mobil pribadi seperti mobil MPV atau mobil jenis sedan.

SIM B1 berlaku untuk mobil penumpang dan barang pribadi lebih dari 3.500 kg. Contoh kendaraan yang dapat digerakkan oleh SIM B I adalah kendaraan truk ringan.

SIM B II berlaku untuk mengemudikan jenis kendaraan berat, kendaraan penarik, kendaraan bermotor dengan menarik kereta atau individu dengan berat yang diperbolehkan untuk mobil tempelan atau ganndengan lebih dari 1.000 kg. Contohnya termasuk truk dan bus.

SIM C berlaku untuk mengendarai kendaraan sepeda motor roda dua dengan atau tanpa rumah dan dengan atau tanpa kereta tempelan sampingan atau kendaraan roda tiga tanpa rumah.

KARTU SIM D berlaku untuk mereka para penyandang cacat. SIM D 1 setara dengan SIM C. SIM D 2 ekuivalen dengan SIM A.

SIM UMUM

Sebuah SIM umum harus digunakan untuk mengendarai kendaraan bermotor Umum dan barang dengan kuantitas berat yang diizinkan tidak melebihi 3.500 kg. Contohnya termasuk angkot (angkutan kota) dan taksi

SIM B I Umum berlaku untuk mengendarai mobil dan barang umum dengan jumlah bobot yang diizinkan melebihi 3.500 kg. Contohnya adalah minibus yang menggunakan pelat kuning untuk bepergian.

SIM B II umum berlaku untuk mengendarai kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik gandengan dengan berat yang diizinkan lebih dari 1.000 kg.

Inilah list Surat Izin Mengemudi A, B dan C yang kalian harus familiar.

Leave a Reply