Rute, Harga tiket, dan Layanan Bus TransJakarta

Di Indonesia, utamanya di Jakarta, ada moda transportasi murah yang berkonsep BRT atau Bus Rapid Transit. Telah beroperasi dari tahun 2004 dan secara umum baik di Asia Tenggara maupun selatan, merupakan transportasi BRT pertama. Dirancang sebagai solusi terhadap masalah kemacetan di Jakarta, dengan jalur lintasan sepanjang 251.2 km yang merupakan lintasan paling panjang di dunia. Juga didukung dengan halte yang tersebar di 13 lokasi (koridor), sebanyak 260 halte.

Bus TransJakarta pada mulanya tidak beroperasi selama 24 jam penuh, sebelumnya hanya beroperasi dari pukul 05.00 sampai pukul 22.00 WIB. Di Jakarta, Bus Transjakarta termasuk angkutan yang sangat laris. Paling tidak sebanyak 340 ribu orang diangkut oleh Bus TransJakarta setiap harinya. Adapun soal penggunanya, maka yang menggunakan TransJakarta tidak hanya mereka yang tinggal di Jakarta saja. Mereka yang berdomisili di seputaran Jabodetabek, bisa menikmati fasilitas ini.

Jika anda seorang pengguna Bus TransJakarta maka ada beberapa hal untuk dioerhatikan, terutama soal etika. Beberapa hal ini jelas harus jadi budaya sehari-hari saat naik Bus TransJakarta, yaitu :

  • Harus Biasa Antre

TransJakarta termasuk moda transportasi yang cukup disukai oleh masyarakat, karenanya tidak ada istilah terburu-buru baik saat masuk atau saat keluar dari TransJakarta. Untuk itu setiap orang dituntut untuk bisa antre. Percaya deh kalau setiap orang sudah terbiasa dengan budaya ini, semua akan tertib dan lancar.

  • Menunggu Berdasarkan Rute

Setiap bus melayani trayek tertentu, begitu pula halnya dengan TransJakarta. Untuk itu penumpang dintuntut untuk mengetahui rute yang dituju. Dalam hal ini ada peta besar yang memperlihatkan rute yang bisa dituju dari halte bus tersebut.

  • Ada Aturan di Dalam Bus

Ada lho beberapa aturan dalam Bus TranJakarta, biasanya aturan-aturan ini dicetak dalam format gambar dan tulisan-tulisan besar. Di dalam bus penumpang dilarang makan atau minum, terlebih lagi merokok. Penumpang juga tidak diizinkan membawa ninatang, benda berujung tajam, dan tidak diperkenankan melakukan tindakan lainnya yang merugikan orang lain.

  • Menjaga Fasilitas Bersama

Sebagai orang Indonesia tentu kita bangga memiliki fasilitas transportasi ternama. Kita harus sama-sama menjaganya, termasuk fasilitas-fasilitas di dalam alat transportasi itu. Demikian halnya dengan Bus TransJakarta, kita harus bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di dalamnya.

Bagi anda yang menikmati tempat menarik yang tersebar di beberapa pelosok ibukota secara lebih leluasa cobalah memanfaatkan layanan sewa bus Jakarta yang dibanderol dengan harga murah. Bila ukuran bus terlalu besar silahkan hubungi agen sewa elf terdekat anda.

Leave a Reply