Resep Bakso Daging Sapi Giling

Di masa pandemi Covid-19 ini, kita semua wajib untuk menjaga kebersihan dalam segala aspek. termasuk makanan atau jajanan yang biasa untuk dikonsumsi. Misalnya, ibu ibu yang biasanya makan bakso kini bisa mencoba berbagai resep bakso sapi sesuai selera masing masing hanya dengan di dapur rummah. Salahsatunya resep bakso daging sapi giling.

Membuat bakso mengikuti resep bakso sapi yang ada, anda wajib mencobanya karena makanan ini merupakan salah satu makanan beku yang harus selalu tersedia di lemari es anda. Sayangnya, bakso sapi dan lemak adalah dua hal yang sering berjalan beriringan, itulah sebabnya bakso sapi jarang dianggap sebagai makanan kesehatan.

Tapi harus tahu bahwa bakso sapi juga merupakan sumber protein yang baik. asalkan dinikmati dalam jumlah sedang. Selain itu, kunci lain dari bakso sapi yang sehat adalah dengan mencoba resep bakso sapi terbaik yang dibuat dengan bahan utama daging yang rendah lemak.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA). 3 ons bakso sapi mengandung 243 kalori bakso serta 18,9 gram lemak. Padahal, 30 persen kalori dalam bakso berasal dari lemak. Dari jumlah itu, 6,5 gram adalah lemak jenuh atau jenis yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

resep bakso daging sapi giling

Jangan khawatir untuk mencoba kreasi resep bakso sapi sendiri di rumah. karena tidak semua bakso sapi dianggap buruk. Menurut Food and Drug Administration (FDA), bakso umumnya mengandung terutama daging sapi dan daging sapi merupakan sumber yang kaya protein berkualitas tinggi dan mengandung semua asam amino esensial.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan, meningkatkan kesehatan tulang, berkontribusi pada fungsi pencernaan yang sehat, serta dapat membantu pensinyalan sel. Menurut National Academies of Sciences. pria harus mengonsumsi setidaknya 56 gram protein per hari. dan untuk wanita membutuhkan 46 gram. Anda harus tahu bahwa satu porsi 3 ons bakso sapi menyediakan 12,2 gram protein.

Berikut 2 resep bakso daging sapi giling yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Dengan mempraktekkan resep bakso sapi di rumah. Anda dapat mengukur jumlah atau rasio yang tepat antara tepung dengan daging, memilih daging terbaik yang rendah lemak, dan tentu saja memastikan kebersihan bakso yang Anda siapkan.

Resep Bakso Daging Sapi Urat

Jika Anda suka membeli bakso dari pedagang kaki lima, Anda akan ditawari bakso sapi halus dan bakso urat daging. Nah, ternyata resep bakso sapi ini tidak jauh berbeda dengan resep bakso sapi lainnya.

Bedanya, Moms harus memilih daging yang pas yaitu bagian mata kaki jika ingin mencoba resep bakso urat daging sapi. Resep yang satu ini bahkan konon menghasilkan tekstur yang lebih kenyal. Penasaran dengan hasilnya?

Bahan

  • 500 gr sengkel daging dingin (potong kecil-kecil)
  • 100 gr es batu
  • 100 gr tepung sagu
  • 2 sdm bawang goreng
  • 1 sdm Bawang Putih Goreng Bawang Merah
  • 1 putih telur besar
  • sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt Baking powder

Langkah Membuat

  1. Panaskan air untuk kuah, masukkan bawang merah goreng, bawang bombay dan bawang putih, lalu biarkan mendidih. Jangan lupa untuk memasak kaldu minimal 1 jam sebelumnya menggunakan nyala api kecil.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam food processor, kecuali tepung terigu, baking powder dan es batu. Giling hingga halus lalu tambahkan tepung dan es, lalu giling lagi. Adonan harus seperti pasta.
  3. Uleni adonan dengan tangan Anda sampai muncul di antara ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan menggunakan sendok, lalu masukkan ke dalam panci yang airnya masih panas tapi kompornya mati. Lakukan sampai akhir.
  4. Anda juga bisa menggunakan dua sendok untuk membulatkan bakso. Jika sendoknya lengket, celupkan saja ke air biasa
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil, hingga bakso mengapung. Setelah matang, didihkan kembali.
  6. Ambil atau angkat urat daging sapi. selanjutnya masukkan ke dalam wadah berisi air dan es guna mendinginkan bakso.
  7. Bakso urat daging sapi siap digunakan dan tambahkan seledri dan daun bawang ke dalam panci kaldu.
  8. Jika Anda tidak terlalu menyukai bakso berotot, Anda tetap bisa mengikuti resep bakso sapi ini, hanya saja kita ganti jenis dagingnya serta usahakan untuk tidak memilih daging yang berlemak.

Resep Bakso Daging Sapi Giling

Resep bakso sapi yang ini merupakan resep bakso sapi homemade. Hasil bakso dari resep bakso sapi rumahan sudah banyak dicoba serta hasilnya sesuai dengan yang diharapkan yaitu bakso yang empuk serta kenyal.

Bahan

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak atau otot atau
  • 1 sendok makan bawang putih goreng (haluskan)
  • 1 sendok makan bawang merah goreng (haluskan)
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 putih telur
  • 100 gram tepung tapioka atau sagu
  • 1/2 sendok teh baking powder (opsional)
  • 150 gram es batu, lalu hancurkan

Langkah Membuat

  1. Potong daging agar lebih mudah dihaluskan. Haluskan daging dengan menambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng serta tambah juga beberapa es batu.
  2. Giling sampai daging halus dan lembut. warna daging setelah digiling masih merah. Kita bisa menggunakan mesin giling daging agar lebih memudahkan prosesnya, mesin ini tersedia di rumahmesin.
  3. Tambahkan garam secukupnya, lalu haluskan kembali dagingnya. Daging akan terlihat lebih keras dan lebih kenyal.
  4. Tambahkan gula pasir, merica bubuk, putih telur, tepung tapioka, dan baking powder. Kemudian giling kembali daging hingga halus dengan menambahkan sisa es batu. Jaga agar daging tetap dingin. Hasil akhir adonan dari resep bakso sapi ini akan berwarna merah muda. kemudian pindahkan ke wadah.
  5. Panaskan air dalam panci hingga mendidih dan matikan api.
  6. Bentuk bola bakso dan masukkan bakso ke dalam air panas dan lakukan sampai adonan habis.
  7. Nyalakan api sedang dan biarkan bakso mengapung (jangan tutup pancinya)
  8. Rebus bakso hingga bakso kenyal saat ditekan. Jika sudah matang, segera keluarkan bakso dan jangan direbus terlalu lama.
  9. Siapkan air es dalam baskom. masukkan bakso yang sudah direbus ke dalam air es. dan biarkan dingin, lalu tiriskan.
  10. Masukkan bakso ke dalam wadah tertutup. jika akan disimpan atau dibekukan.

Leave a Reply