Ragam Jenis Penelitian Kualitatif

Case Study

Lebih dikenal dengan studi kasus merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu kesatuan sistem. Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terikat oleh tempat, waktu atau ikatan tertentu. Studi kasus adalah suatu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut.

Contohnya kita akan meneliti tentang bencana alam tanah longsor disini tanah losor dilihat dari satu kesatuan sistem baik dari itu dari fenomena alam, jumlah korban, upaya nya seperti apa. Seperti itu nah ini merupakan studi kasus.

Grounded Theory

Penelitian grounded teori merupakan metodologi penelitian yang diarahkan pada penemuan atau minimal menguatkan terhadap suatu teori.

Misalnya ada suatu penelitian bencana tanah longsor itu kan biasanya disebabkan oleh daya serap air yang rendah atau misalnya tanaman disekitar tempat tersebut tidak ada yang dapat menyerap air dengan baik tetapi pada penelitian tersebut ditemukan bahwa didalamnya ada teori baru tanahnya adalah bergerak misalnya seperti itu.

Jadi ada teori baru yang menguatkan atau teori yang sudah ada dikuatkan dengan teori baru tersebut, ini adalah definisi dari penelitian grounded theory.

Etnografi

Studi entografik mendeskripsikan data dan menginterpretasikan budaya, kelompok sosial atau sistem. Proses penelitian etnografik dilaksanakan di lapangan dalam waktu yang cukup lama berbentuk observasi dan wawancara secara alami dengan partisipan dalam berbagai bentuk kesempatan kegiatan, serta mengumpulkan dokumen-dokumen dan benda yang dapat mendukung studi tersebut, itu adalah definisi dari Entografi.

Fenomenologi

Studi fenomenologi mencoba mencari arti dari pengalaman dalam kehidupan. Peneliti menghimpun data berkenaan dengan konsep, pendapat, pendirian, sikap, penilaian dan pemberian makna terhadap situasi atau pengalaman-pengalaman dalam kehidupan.

Tujuan dari penelitian fenomenologi adalah mencari atau menemukan makna dari hal-hal yang esensial atau mendasar dari pengalaman hidup tersebut.

Content Analysis

Analisis konten dapat digunakan untuk menganalisis semua bentuk komunikasi. Baik surat kabar, berita radio, iklan telivisi maupun semua bahan-bahan dokumentasi lainnya. Hampir semua ilmu sosial dapat menggunakan analisis isi sebagai teknik/metode penelitian, biasanya penelitian ini berdasarkan rentang waktu tertentu.

Leave a Reply