Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil Rumahan

Membiasakan untuk hidup sehat memang sangatlah penting. Selain olahraga yang teratur, makanan yang dimasak dengan bahan yang alami juga akan meminimalisir risiko terkena penyakit – penyakit yang mematikan. Nah, artikel kali ini akan membahas proses pembuatan virgin coconut oil dengan beberapa rangkuman cara penggunaannya dikehidupan sehari – hari.

Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil

proses pembuatan virgin coconut oil

Alat dan Bahan :

  • Daging kelapa segar
  • Air secukupnya
  • Wadah
  • Sendok
  • Plastik bening
  • Pemarut
  • Sedotan plastik
  • Kapas / tissue
  • Botol

Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil :

  1. Pertama-tama parut daging kelapa terlebih dahulu sampai halus.
  2. Kemudian peras hasil parutan daging kelapa hingga menjadi santan (bisa juga tambahkan air sedikit agar santan yang keluar lebih banyak).
  3. Selanjutnya, masukkan santan ke kantong plastic.
  4. Setelahnya, diamkan dulu selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  5. Setelah terpisah menjadi 2 lapisan, lubangi bagian bawah plastic dengan sedotan agar air terpisah dan terbuang
  6. Selanjutnya, tuangkan santan kental yang sudah terpisah dengan air ke wadah plastic.
  7. Tutup rapat wadah berisi santan kental tadi dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  8. Setelah didiamkan selama 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak virgin coconut oil (atas), santan (tengah), air (bawah)
  9. Yang terakhir sendok minyak untuk dituang ke botol yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Cara membuat VCO agar tidak tengik yaitu dengan menggunakan kelapa yang sudah cukup tua dan disimpan kurang lebih 8-10 bulan di suhu ruang. Dengan syarat harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat untuk mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas dan kandungan dari virgin coconut oil tersebut.

Baca Juga : Cara Buat Jamu

Cara Penggunaan Virgin Coconut Oil

cara penggunaan virgin coconut oil

1. Untuk Memasak

Yang paling umum penggunannya yakni untuk memasak. Hal ini karena Virgin coconut oil terdiri dari lemak jenuh yang sangat tinggi. Dengan kandungan tersebut menjadikan salah satu lemak terbaik untuk memasak dengan suhu tinggi, termasuk menggoreng. Berbeda dengan minyak nabati yang didalamnya ditemukan asam lemak tak jenuh ganda.

2. Memaksimalkan Program Diet

Buat kalian yang sedang menjalankan program diet untuk mengurangi berat badan, virgin coconut oil bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan program diet kalian. Minyak kelapa murni ini memiliki kandungan asam lemak yang dapat cepat diserap dan meningkatkan jumlah pembakaran kalori di dalam tubuh.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan virgin coconut oil pada makanan atau minuman yang kalian konsumsi. Takarannya bisa dengan menambahkan 1 sdm virgin coconut oil pada satu porsi salad atau smoothie. Campuran tersebut akan meningkatkan jumlah pembakaran kalori dalam tubuh.

3. Sebagai Serum Untuk Rambut Rusak

Buat kalian yang memiliki masalah dengan rambut rusak dan kering, virgin coconut oil bisa juga dimanfaatkan sebagai pengganti serum perawatan rambut. Dengan kandungan dari minyak virgin coconut oil, dapat menjaga rambut terhidrasi dan menjadikan rambut terjaga kilaunya.

Caranya pun mudah, pertama tuangkan dua sampai tiga tetes minyak kelapa murni di permukaan tangan. Lalu, cukup oleskan pada bagian rambut dan diamkan semalaman. Kemudian saat bangun pagi  langsung bilas rambut dan keramas seperti biasa.

4. Mengatasi Iritasi dan Eczema

Iritasi dan eczema merupakan masalah kulit yang cukup meresahkan penderitanya. Penanganannya pun tidak boleh sembarangan agar tidak memperparah kondisi kulit penderitanya. Virgin coconut oil dapat memberikan efek yang menyejukan pada kulit yang iritasi. Cara menggunakannya cukup oleskan virgin coconut oil pada area kulit yang bermasalah secukupnya. Untuk hasil yang optimal oleskan pada pagi dan malam hari.

5. Untuk Rangkaian Skincare

Untuk kaum hawa, virgin coconut oil juga dapat kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya bersifat emollient yang membantu mengisi kelembapan di antara sel kulit. Kalian bisa menggunakan virgin coconut oil pada tahap terakhir di rangkaian skincare. Menggunakannya secara rutin dapat membuat kulit lebih lembap, terasa lembut, dan kenyal.

6. Untuk Deodoran Alami

Virgin coconut oil yang juga akan luruh jika bertemu dengan suhu tubuh dapat dijadikan salah satu alasan kenapa bahan ini yang pas untuk membuat deodoran. Dibuat dengan baking soda, tepung jagung, dan tentunya virgin coconut oil, akan menghasilkan wangi alami dari kelapa dan menjaga ketiak tetap kering dan harum.

Nah, begitulah pembahasan mengenai proses pembuatan virgin coconut oil serta beberapa manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru serta manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply