Perhitungan Ongkos Pembuatan Septic Tank

Biaya Pembuatan Septic Tank – Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau bangunan, pasti mesti memperhitungkan ongkos pengerjaan septic tank selaku bagian terpenting yang wajib Anda miliki dalam sebuah rumah. Sebenarnya biaya membuat septic tank sendiri sungguh relatif, hal ini tergantung dari desain atau model septic tank yang ingin dibangun. Biaya pekerjaan membuat septic tank sendiri, sudah mampu diprediksi lewat rumus : jumlah total pembelian bahan bangunan atau material + 30% sampai 40% dari jumlah total tersebut, untuk ongkos tukang atau biaya pengerjaannya.

Daftar Nomor Hp dan Wa Jasa Sedot Wc di Kota Lainnya

biaya pembuatan septic tank

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pembuatan Septic tank

Biaya pengerjaan septic tank khususnya di kota Jakarta, mampu dibilang cukup mahal yaitu untuk ukuran 2 x 2 x 2 m bisa menelan biaya sampai Rp. 5 jutaan lewat detail tukang untuk menggali lobang septic tank sebesar Rp. 2 juta, ditambah bahan bangunan plus tukang yang hingga menghabiskan uang Rp. 3 jutaan.

Adapun jenis septic tank yang mampu dipilih untuk penggunaan yang lama sampai puluhan tahun adalah dengan memakai material terpilih, yaitu dengan menyediakan hebel berskala 10 cm, ijuk kerikil apung, semen, serta besi cor yang berskala 10. Material-material tersebut lalu dibagi menjadi dua bab ialah bagian ½ untuk penampungan air higienis dan 2/3-nya untuk penampungan air kotor, dengan cara membenamkannya di bawah, mulai dari ijuk kemudian watu apung dan ditutup ijuk lagi, sedangkan bagian atasnya dibenamkan batu apung kembali. Lewat bagian-komponen tersebut, secara otomatis pemakaian septic tank di rumah Anda lebih infinit sampai puluhan tahun.

Untuk biaya pembelian watu apung dan ijuk sendiri seharga Rp. 500 ribu dapat dibeli di jasa pembuatan taman yang ada di tempat Anda.

Biaya Pembuatan Septic Tank dan Pengerjaan Selama 4 Hari

Ambil saja perkiraan panjang 2 m x lebar 2 m x tinggi 2 m. Pada hari pertama, dikerjakan penggalian lobang dimana penggalian lobang lazimnya menyesuaikan tanah masing-masing. Sebab beda struktur tanahnya maka lamanya waktu yang dibutuhkan akan berbeda lagi. Selain itu, tentukan untuk mendampingi dan mengamati pekerjaan penggali lobang, alasannya adalah mungkin saja mereka badung atau curang atau pekerjaannya tidak cocok dengan keinginan anda.

Selanjutnya pada hari kedua, penempatan semen dan hebel dilanjutkan dengan hari ketiga, adalah peletakan besi cor sekaligus pengecoran. Pada hari terakhir atau hari keempat dilakukan dengan menutup keramik atau tahap finishing. Adapun biaya tukang pengerjaan septic tank sendiri berkisar Rp. 165 ribuan termasuk makan siang berikut kenek sebesar Rp. 115 ribu tergolong makan siang. Jadi, kalau dijumlah-hitung ongkos pengerjaan septic tank mulai dari gali lobang, pembelian material, ongkos tukang dan kenek, dan buang puing, totalnya sebesar Rp. 5 jutaan.


Sumber http://AcademiaExchange.net