Perhitungan Harga Pemasangan Paving Block Per M2 Yang Ideal

Apakah anda berencana melakukan pemasangan paving block di halaman rumah anda ? Anda perlu melakukan perhitungan harga pemasangan paving block terlebih dahulu agar pemasangan paving block dapat berjalan dengan lancar. Ketika anda akan melakukan perhitungan harga pemasangan paving block, anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Biaya untuk membeli bahan bangunan yang akan digunakan, misalnya adalah paving block per meter persegi (m2), pasir, dan material – material lainnya.

2. Biaya transportasi dan pengiriman bahan bangunan

3. Biaya tukang atau kuli bangunan

Dengan memperhatikan ketiga aspek tersebut, secara garis besar anda dapat memperhitungkan harga pemasangan paving block yang diperlukan. Apabila anda menginginkan perhitungan yang lebih tepat, anda dapat menggunakan jasa pemasangan paving block dan menanyakannya pada pekerja yang ada di sana. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perhitungan harga pemasangan paving block per m2 secara umum yang ideal. Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa saja bahan dan alat yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pemasangan paving block per m2 ?

pemasangan paving block per m2

Sebelum mengetahui cara melakukan perhitungan harga pemasangan paving block per m2, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu bahan – bahan dan alat yang perlu disiapkan untuk melakukan pemasangan paving block per m2. Karena seperti penjelasan di atas, bahan – bahan dan alat merupakan salah satu hal yang dapat sangat berpengaruh pada harga pemasangan paving block. Berikut ini bahan – bahan dan alat yang dibutuhkan :

  • Bahan – bahan :

1. Paving

2. Pasir

3. Beton pembatas dan penyokong

  • Alat – alat :

1. Cangkul

2. Stamper kuda

3. Patok

4. Benang

5. Waterpass

6. Sekop

7. Palu karet / plastik

8. Jidar

9. Stamper kodok

10. Alat potong paving

11. Sapu lidi

Cara Melakukan Perhitungan Pemasangan Paving Block Per M2

Setelah mengetahui bahan – bahan dan alat yang diperlukan, anda dapat mulai menghitung harga pemasangan paving block per m2. Pada dasarnya, banyak sekali cara – cara yang dapat dilakukan untuk menghitung harga pemasangan paving block, tetapi cara ini merupakan cara yang secara umum banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut ini langkah – langkahnya :

1. Menghitung jumlah luas permukaan tanah yang akan anda tutup dengan paving block

2. Setelah mengetahui jumlah luasnya, anda dapat menentukan berapa banyak paving yang diperlukan, kemudian mengalikannya dengan harga per m2 nya

3. Menghitung biaya keseluruhan pasir yang digunakan (mengalikannya dengan harga per pick up nya)

4. Menghitung upah kuli yang bekerja (mengalikan jumlah kuli dengan bayaran per harinya)

5. Menjumlah seluruh perhitungan yang telah dilakukan

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara menghitung pemasangan paving block per m2 yang ideal. Perlu saya ingatkan kembali bahwa cara ini merupakan cara umum yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar. Untuk mendapatkan harga yang lebih tepat, anda dapat menggunakan jasa pemasangan paving block dan mengkonsultasikannya langsung dengan pekerja yang sudah profesional di bidang ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply