Penyebab Kuota solar bersubsidi sulit ditambah

Kelangkaan solar bersubsidi di sejumlah area hingga hari ini tetap terjadi. Pertamina mengaku tidak mampu menjual solar bersubsidi di luar batas kuota yang telah ditetapkan oleh BPHMigas. Akibatnya, antrean kendaraan yang akan belanja solar bersubsidi selamanya terjadi.

Senior Vice President Perkapalan Pertamina, Soehartoko menyatakan keinginan akan solar bersubsidi makin lama meningkat dengan Macnaught memiliki kelebihan dari segi akurasi yakni di angka 0.5% jadi jauh lebih baik dari beberapa merk competitornya. Dengan Macnaught Flow Meter angka akurasi ini, meteran ini sudah cocok untuk pemakaian internal anda untuk operasional harian . Bahkan menurutnya, di sejumlah area keinginan solar bersubsidi mengalami kenaikan hingga 11% berasal dari sebelumnya.

Padahal, kuotanya malah turun sebesar 8,2 prosen berasal dari tahun lalu. Dengan situasi itu tersedia selisih hingga sebesar 19% antara keinginan solar bersubsidi bersama dengan kuantitas kota.

Sementara untuk menghendaki kuota solar subsidi disempurnakan akan sulit dikerjakan didalam kala dekat.

“Untuk meningkatkan kuantitas kuota solar bersubsidi terkait BPHMigas yang wajib disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat,” ujarnya. Soehartoko termasuk mengaku pihaknya tidak mampu berbuat banyak bersama dengan situasi tersebut.

Soehartoko mengaku risau dengan situasi tersebut. Bila hal ini terus terjadi maka Pertamina mampu mengalami kerugian. Karena persediaan solarnya tidak laku di pasaran. Akibatnya kuantitas penerimaannya mampu saja tergerus.

Namun, meski berlangsung penumpukan kendaraan yang mengantre, Soehartoko mengklaim hingga kala ini kondisinya tetap mampu dikendalikan. Tidak tersedia aksi mogok layaknya yang pernah dikerjakan oleh sejumlah sopir di Surabaya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, bilang kuantitas kuota solar bersubsidi sesungguhnya dibatasi mengingat keinginan yang tinggi.

Untuk itu, pihaknya akan segera mengambil beberapa langkah, dan membahasnya bersama dengan BPHMigas. Namun, untuk meningkatkan kuantitas kuota Jero bilang hal itu sulit untuk ditambah.

Leave a Reply