Penyebab Keterlambatan Pengiriman Paket dari Aliexpress

Banyak yang bingung juga sudah 3 bulan menunggu dan rutin cek resi aliexpress, namun tracking number tetap memperlihatkan paket di dalam perjalanan atau in transit.

Dari pengamatan order yang saya jalankan di aliexpress baik untuk keperluan sendiri maupun untuk orderan pembeli saya, sebenarnya pengiriman manfaatkan paket China post, Aliexpress Standard Shipping dan semua paket yang terkoneksi bersama dengan kantor pos di Indonesia, mengalami keterlambatan yang benar-benar parah. Jika di dalam keadaan normal, pengiriman manfaatkan China Post registered mail biasanya makan kala kira-kira 3-4 Minggun sejak dikirim.

Tetapi kala ini bisa lebih dari 3 bulan. Demikian juga bersama dengan system pengiriman aliexpress standard shipping, yang biasanya makan kala dua mingguan, kala ini sama juga hingga 3 bulan, apalagi tersedia yang 4 bulan. Hal ini berlangsung sejak bulan Januari 2020, dimana bersama-sama bersama dengan makin merebaknya wabah covid-19 di China dan penyebarannya di negara negara sekitar.

Saya sebenarnya belum mendapatkan pengakuan formal apakah keterlambatan ini diakibatkan oleh pandemic Covid-19 ini, namun saya memperhatikan sebenarnya pengiriman via pos dari China semenjak wabah ini, menjadi benar-benar lambat. Saya juga beberapa kali jalankan kontak pembeli service aliexpress Indonesia , namun rata rata diminta untuk menunggu.

Apabila dibandingkan bersama dengan pengiriman pos tercatat dari negara lain, seperti amerika dan Inggris, kala nya tetap lebih pas waktu. Dimana kiriman priority mail dari Amerika tetap bisa mampir kira-kira 3-4 Mingguan, dengan sebutan lain kira-kira 1 bulan, ini tetap tehitung normal.

Kalupun tersedia keterlambatan, tidak benar-benar signifikan. Demikian pula kiriman barang dari Pos UK dengan sebutan lain Inggris. Royal mail Tracked juga makan kala rata rat kira-kira 3-4 mingguan.

Keterlambatan pengiriman paket dari China ini menjadi kendala bagi banyak orang yang ingin belanja barang dari Aliexpress, ebay maupun website ecommerce China lainnya.

Karena biasanya estimasi barang hingga kira-kira 1 bulan, menjadi molor lama, yang berakibat barang menjadi tidak bisa dipakai pas kala cocok kala yang direncanakan. Misalnya beli spare parts mesin atau alat produksi, menjadi tertunda penggunaannya.

Keterlambatan pengiriman ini tidak berlangsung jikalau metode pengiriman manfaatkan system pengiriman ekspress seperti DHL, Fedex, TNT, Aramex dan sejenisnya. Walaupun tersedia keterlambatan, paling tidak melebihi 1 minggu dari jadwal pada mulanya dan ini tetap lumrah ditengah pandemic sekarang ini.

Seperti biasa, jikalau kami mulai bahwa paket dari aliexpress tidak datang, mengingat kala sudah lebih dari biasanya, kami bakal mengajukan open dispute atau mengajukan klaim garansi uang lagi dari aliexpress. Pengalaman saya mengajukan open dispute, kala ini juga terkesan dibikin molor oleh ALiexpress.

Saya mulai mereka sendiri mulai bahwa keterlambatan pengiriman paket sebenarnya sudah sedemikian parahnya, sehingg mereka juga menentukan untuk mengulur ulur kala mengambil alih ketentuan akhir apakah mengimbuhkan refund atau tidak.

Jika dulu open dispute ini bisa selesai di dalam kala 2 minggu, maka kala ini apalagi saya open dispute sudah makan kala dua bulanpun, statusnya tetap disuruh menunggu hingga beberapa hari kedepan. Seperti itu tetap berulang ulang.

Selain dari China, saya juga memperhatikan keterlambatan yang sama, dirasakan disaat belanja barang dari Thailand. Beberapa kiriman spare parts dari Thailand juga benar-benar lambat. Biasanya makan 2-3 minggu, kala ini bisa 2 bulan lebih.

Ketika saya berkomunikasi bersama dengan seller di sana, alasannya adalah mereka terkena lockdown, agar pengiriman bersama dengan pos mengalami keterlambatan.

Demikianlah penjelasan singkat berkenaan keterlambatan pengiriman paket dari China. Ini untuk menjawab pertanyaan kenapa paket dari aliexpress tidak hingga ?.

Jika tersedia pertanyaan lain tentang langkah belanja di aliexpress, silahkan menghubungi kami lewat KONTAK. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kami selamanya diberikan kesegaran dan kesuksesan, aamiin.

Leave a Reply