Pengertian LSI Keyword Dan Manfaatnya

Ingin menampilkan konten Anda di peringkat teratas hasil pencarian? Buatlah konten yang relevan dengan apa yang dicari oleh target audiens. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tentang Latent Semantic Indexing (LSI) keyword.

LSI keyword adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan mesin pencari saat menetapkan peringkat situs di hasil pencarian. Sehingga, pemahaman tentang LSI keyword bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari.

Penasaran? Artikel ini akan mengupas tuntas segala hal tentang LSI keyword agar Anda memahami definisinya, cara kerjanya, dan cara mencarinya. Yuk simak lebih lanjut!

Apa Itu LSI Keyword? 

LSI keyword adalah kata-kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. 

Bagaimana Cara Kerja LSI?

Cara kerja LSI sebetulnya rumit. Karena dalam praktiknya, LSI menggunakan rumus-rumus matematika yang kompleks untuk memahami hubungan antar kata. 

Tapi Anda tidak perlu mengerti cara kerjanya secara harfiah, kok. Anda hanya perlu memahami garis besarnya saja. Kurang lebih beginilah prosesnya:

  1. Mesin pencari akan mencari persamaan dari kata yang Anda gunakan. Contohnya, bulan memiliki dua makna, yaitu bulan satelit dan bulan penanggalan.
  2. Kata tersebut akan diidentifikasi menggunakan kata-kata yang terhubung secara semantik. Contohnya, bulan satelit terhubung dengan objek astronomi, orbit, dan planet. Sedangkan bulan penanggalan terhubung dengan Januari, Februari, dan Maret.
  3. Mesin pencari akan mengelompokkan bulan satelit dan bulan penanggalan ke dalam kategori yang berbeda. LSI keyword yang digunakan di konten akan menentukan jenis bulan yang Anda maksud.

Perannya sangat penting, bukan? LSI keyword tidak hanya memberi konteks konten Anda pada para pembaca, tetapi juga pada mesin pencari.

Apa Manfaat LSI Keyword terhadap SEO?

Apakah LSI keyword bermanfaat untuk SEO? Tentu saja!

Menyisipkan LSI keyword di dalam konten Anda akan meningkatkan relevansi. Otomatis. konten yang lebih relevan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk punya peringkat tinggi.

Selain memasukkan LSI keyword ke dalam konten, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam:

  • Title tags
  • Heading
  • Meta description
  • Image alt text

Cara ini bisa disebut juga sebagai seo on page oleh pakar Jasa SEO Medan. Fungsinya adalah untuk mengoptimasi faktor-faktor di dalam konten agar lebih mudah diidentifikasi oleh mesin pencari.



Leave a Reply