Panduan Memilih Pallet Untuk Anda

Salah satu jenis pallet yang sedang naik daun saat ini adalah plastic pallet. Plastic pallet ini juga memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan plastic pallet yang lainnya. Misalnya adalah segi ketahanan yang bisa membuat produk yang berada di dalamnya menjadi tahan lama dan lebih awet.

plastic pallet ini adalah pallet yang anti air dan juga serangga dan tidak menyerap zat yang bisa menyebabkan bahan yang ada di dalamnya menjadi basi atau berubah sifatnya. Maka dari itu, dengan melihat kelebihan dari plastic pallet ini, plastic pallet banyak digunakan dalam industri pengemasan makanan dan juga farmasi.

Dan penggunaan plastic pallet ini juga tidak menutup kemungkinan ada juga perusahaan yang tetap menggunakan pallet kayu dengan mempertimbangkan beberapa pertimbangan. Nah, kalau anda masih ragu sebaiknya menggunakan jenis pallet yang mana, anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir:

Tingkat sensitivitas produk.

Kalau barang yang anda produksi sangat sensitif, anda harus mempertimbangkan beberapa penguat tambahan yang anda berikan untuk produk anda, apapun nantinya jenis palet yang anda gunakan. Kalau produk anda ternyata sangat sensitif dan bisa membuat pengikat yang ada menjadi hilang, anda disarankan untuk menggunakan pallet plastik dikarenakan plastic pallet ini bisa memberikan ketahanan yang lebih bagus dibandingkan dengan palet jenis lainnya.

Ekspor atau tidak.

Kalau anda berencana untuk mengekspor produk, dan juga anda tidak ingin direpotkan dengan banyaknya persyaratan ekspor yang merumitkan anda, anda disarankan untuk menggunakan pallet plastik saja. Tapi besar kemungkinan plastic pallet anda tidak akan kembali ke anda. Kalau anda mau menggunakan pallet yang lebih murah, anda bisa menggunakan pallet kayu, akan tetapi dengan menggunakan pallet kayu, anda juga diharuskan untuk mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh pihak ekspor.

Untuk kepentingan tampilan toko atau tidak.

Kalau anda akan menggunakan pallet sekaligus digunakan untuk tatakan display di dalam showroom atau toko anda, anda disarankan untuk menggunakan plastic pallet.

Masalah biaya atau tidak.

Kalau besarnya biaya menjadi suatu masalah bagi anda , anda bisa menggunakan pallet kayu, akan tetapi kalau anda tidak bermasalah dengan besarnya biaya, anda bisa menggunakan plastic pallet. 
Pertimbangan ukuran pallet.

Kalau anda membutuhkan ukuran yang khusus untuk pallet anda , anda bisa menggunakan pallet kayu karena pallet kayu lebih mudah untuk anda kustomisasi. Akan tetapi, kalau anda tidak masalah dengan ukuran pallet yang sudah ada, disarankan untuk menggunakan plastic pallet.

Industry produk anda.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah pallet yang akan anda gunakan cocok dengan industri produk anda ataukah tidak. Ini dikarenakan beberapa industry hanya bisa menggunakan pallet kayu, da nada beberapa industri yang juga menggunakan plastic pallet. Dan untuk industri pengiriman bahan makanan lebih disarankan untuk menggunakan pallet plastik yang lebih ringan dan juga aman digunakan. Dan anda  juga perlu mempertimbangkan hal yang lainnya, di antaranya adalah adanya strelisisasi pallet dan kalau membutuhkan hal ini, anda disarankan untuk menggunakan pallet kayu.

Berat produk.

Kalau anda menggunakan plastic pallet, kekuatan yang dimiliki terbatas jika dibandingkan dengan menggunakan pallet kayu. Kalau berat produk anda lebih berat dari 1.500 pound, anda disarankan untuk memilih pallet kayu. Ini dikarenakan dengan anda menggunakan pallet kayu, anda bisa custom pallet dengan sesuka hati anda, menyesuaikan dengan berat produk.

Dan ini adalah info mengenai panduan memilih pallet untuk bisnis anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply