Panduan membuat video animasi

Membuat video animasi tentu memiliki tantangan. Bila dibandingkan dengan pembuatan video biasa, bisa jadi pembuatan animasi video jauh lebih rumit.

Hal ini karena dalam animasi video, Anda harus membuat sebuah objek yang akan digunakan sebagai video pertama. Meski begitu, bukan berarti pembuatan animasi video tidak dapat dipelajari sama sekali. Berikut adalah cara untuk membuat video animasi dalam enam langkah.

Mengatur naskah pertama


Sebagai langkah pertama, Anda harus mengkompilasi script. Apa yang harus ada dalam sebuah naskah video animasi? Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan naskah, pertama menentukan apa tujuan utama dari video, untuk siapa video tersebut dibuat, apa pesan yang ingin Anda sampaikan, dan sekitar tindakan seperti apa yang Anda harapkan dari penonton setelah menonton video.

Dari pertanyaan-pertanyaan ini, Anda harus dapat mengetahui bagaimana video animasi akan berjalan. Cobalah untuk tidak membuat video untuk terlalu rumit karena bisa membuat penonton sulit untuk mengerti.

Lanjutkan dengan storyboard


Setelah Anda memiliki naskah, waktu itu untuk membuat storyboard. Apa storyboard? Sederhananya, storyboard dapat dipahami sebagai gambaran kasar dari seluruh video.

Sebagai permulaan, langkah ini akan sangat membantu. Storyboard akan membantu Anda untuk memprediksi bagaimana video tersebut akan dibuat.

Biasanya storyboard akan menyerupai komik sederhana dengan beberapa panel. Selain gambar beban perkiraan, storyboard juga termasuk bagaimana gambar akan diambil (yang sudut). Diperdebatkan, storyboard adalah panduan untuk membuat video yang dibuat dan ditujukan untuk Anda sendiri.

Menentukan jenis video animasi

Ada banyak jenis animasi video untuk memilih dari. Berikut adalah beberapa jenis animasi video yang cukup umum:

animasi 2D
Animasi menunjukkan karakter dari jenis 2D (dua dimensi). Animasi seperti ini sangat umum karena relatif mudah untuk membuat, namun tetap menarik.

animasi 3D
Animasi yang menunjukkan jenis karakter 3D (3 dimensi). Bila dibandingkan dengan karakter 2D animasi, 3D karakter terlihat lebih nyata dan volume.

animasi papan tulis
animasi papan tulis yang umum digunakan sebagai media pembelajaran. khasnya adalah karakter dalam video seolah-olah dibuat di papan tulis.

tipografi animasi
Animasi gerak animasi tipografi menggabungkan dengan menulis. Anda dapat melihat animasi jenis ini pada video lirik.

animasi infografi
Animasi infografi biasanya berisi data grafis. Tujuan utama dari animasi ini adalah untuk membuat tampilan data yang membosankan menjadi menarik.

Mulai langkah membuat video animasi

Sekarang adalah waktu Anda membuat video. Untuk membuat video, Anda dapat mengandalkan kemampuan mereka sendiri. Cukup berbekal komputer, koneksi internet, serta situs web atau perangkat lunak yang mendukung pembuatan animasi, maka Anda dapat menghasilkan animasi video Anda sendiri.

Namun, jika Anda masih ragu dengan kemampuan sendiri, tidak ada salahnya untuk merekrut tenaga ahli. Tidak perlu merekrut tenaga full time atau in-house team, Anda bisa merekrut tenaga independen untuk proyek singkat. yukvideoin.com siap membantu Anda untuk langsung terhubung dengan para pembuat video animasi berpengalaman.

Leave a Reply