Mengetahui Pengertian Tungau dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Terkadang kasur atau sofa terlihat bersih, namun ternyata di dalamnya ada hewan kecil yang bisa mengganggu kesehatan, yaitu tungau. Tahukah anda apa itu itu tungau? Tungau adalah hewan sejenis microspider yang biasanya hidup di lingkungan yang kotor dan bisa berkembang biak dengan begitu cepat.

baca juga artikel tentang vacuum tungau bandung

Selain hidup di kasur, tungau juga dapat hidup di sofa dan karpet. Serpihan tubuh dari tungau pada umumnya akan tertinggal di bagian bawah kasur, lebih tepatnya pada bagian pinggiran kasur dan juga di lipatan sprei kasur anda.

Perlu anda tahu, umumnya tungau mendapatkan makanan dari serpihan kulit seseorang yang terkelupas pada saat mereka sedang tidur. Sebab, ketika seseorang sedang tidur akan mengeluarkan keringat dan juga menjatuhkan sel kulit mati. Maka tak heran jika tungau cepat berkembangbiak di tempat tidur.

Bahaya Tungau Kasur

Hewan tungau adalah salah satu jenis hewan kecil yang perlu kita basmi. Sebab, tungau kasur ini bisa membahayakan kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan alergi. Tungau kasur juga dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit.

cek juga artikel mengenai hydroclean bandung

Dan apabila semakin parah, maka gatal tersebut akan berubah menjadi ruam merah. Dan hal tersebut adalah reaksi yang paling umum jika kulit terkena kotoran tungau.Sebenarnya, yang berbahaya untuk manusia tidak hanya gigitannya saja, namun juga kotoran dari hewan tungau itu.

Selain gatal-gatal tungau juga bisa menyebabkan infeksi. Skabies merupakan suatu infestasi tungau yang mengakibatkan kulit muncul beruntus kecil kemerahan dan disertai dengan rasa gatal yang hebat. Skabies ini diakibatkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.

Infestasi tungau adalah gangguan kesehatan yang mudah menyebar dari orang ke orang dengan lewat kontak fisik. Sehingga tak heran jika gangguan kesehatan akibat tungau ini sering menyerang seluruh penghuni yang ada dalam satu rumah.

Tungau Sarcoptes scabiei memiliki tubuh yang ukurannya cukup besar. Jadi, hewan ini dapat dilihat langsung dengan mata kita. Infeksi akibat tungau ini sering menular diantara orang-orang yang sedang tidur bersama.

Ciri khas dari skabies yaitu adanya rasa gatal-gatal hebat, yang pada umumnya rasa gatal akan semakin hebat dan memburuk pada malam hari. Agar bisa terhindar dari gangguan penyakit ini sebaiknya anda rajin membersihkan dan menjemur tempat tidur.

Leave a Reply