Mengenal Lebih Dekat Tungau Debu dan Cara Membasminya

Tungau adalah sekelompok hewan kecil yang memiliki 8 tungkai. Perlu anda ketahui jika tungau ini bukanlah termasuk kutu dalam pengertian ilmu hewan. Meskipun kedua hewan ini sama-sama berukuran kecil. Tungau juga termasuk salah satu avertebrata yang paling banyak ragamnya dan sukses beradaptasi dengan berbagai macam keadaan lingkungan. Ukurannya juga sangat kecil dan mudah menyebar.

baca juga: vacuum tungau bandung

Tungau Debu

Tungau debu adalah hewan kecil dengan panjang tubuh sekitar 420 µm serta memiliki lebar 320 µm. Hewan kecil ini akan memakan sisa materi organik. Diantaranya seperti bagian kulit yang terkelupas. Tungau debu akan mengganggu tidur anda, sebab sering menempel pada kasur maupun sprei. Untuk penyebarannya, tungau debu gampang sekali berkembang di lingkungan yang memiliki iklim yang lembab dan hangat.

Pada umumnya, tungau debu ini berwarna putih dengan variasi yang jelas. Hewan ini kecil sekali dan sulit terlihat langsung oleh mata. Tungau debu berbentuk bulat dan mereka memiliki kaki dan tubuh yang berbulu jika dilihat dengan menggunaan microscop atau dengan kaca pembesar.

baca juga: cuci gorden bandung

Mereka akan memakan sisik kulit manusia. Tungau debu juga banyak ditemukan di tempat yang lembab seperti tempat tidur, karpet, pakaian serta perabotan lembut atau di tempat yang lainnya. Tungau juga akan memproduksi banyak debu di rumah atau kantor anda. Walaupun hewan ini dinilai tidak berbahaya, mereka bisa mengakibatkan beberapa reaksi alergi pada manusia serta hewan peliharaan.

Cara Membasmi Tungau Debu

Penyedotan debu juga tidak cukup untuk menghilangkan tungau debu saja, sebab untuk jenis hewan ini bisa tinggal jauh di dalam jok, kasur, karpet dan tempat yang lainnya.  Anda juga dapat menutupi kasur, bantal, serta perabotan yang berlapis kain dengan menggunakan penutup debu yang bisa dicat.

Jangan lupa juga untuk selalu rutin dalam mencuci sprai, selimut sertatempat tidur lainnya setiap minggu. Pencucian bisa anda lakukan dengan air panas untuk membunuh tungau debu. Anda juga bisa mengganti karpet dengan lantai keras. Sebaiknya anda menghindari karpet mewah, gorden kain. Sebab, perlengkapan tersebut tidak mudah dicuci secara teratur.

Leave a Reply