Memulai Bisnis yang bisa Anda Terapkan Secara Bertahap

Masih banyak pemula dalam membangun bisnis bingung melacak cara dalam mengawali bisnis. Sangat bagus kalau kemauan yang besar telah ada dalam seorang individual, namun kemauan saja tidak cukup. Dalam berbisnis diperlukan sedikit wawasan atau teori untuk mengawali atau melakukannya.

Tak hanya sekedar mempersiapkan modal dan mengerti dapat berbisnis apa, ada hal lain yang perlu disiapkan untuk mengawali bisnis seperti pembuatan PT. Apalagi kalau Anda memulainya dari nol atau tak punyai pengalaman sebelumnya. Bagaimana cara mengawali sebuah bisnis perlu Anda ketahui cara demi langkah.

Berikut ini adalah prosedur mengawali bisnis yang sanggup Anda ikuti. Tak hanya sekedar cara untuk bisnis Anda sehingga sanggup berdiri saja, melainkan tahapan yang sanggup membawa dampak bisnis Anda berpotensi sukses. Simak caranya berikut.

Memastikan Bisnis yang Didirikan

Pertanyaan paling awal dan paling dasar, bisnis apa yang dapat Anda rintis? Jika telah mengerti bisnis apakah itu maka poin selanjutnya dapat lebih mudah dilakukan. Anda perlu sanggup meyakinkan bisnis pa apa yang dapat Anda jalankan.

Apakah itu bisnis kuliner, bisnis pakaian, bisnis bimbingan belajar, atau bisnis lainnya. Bisnis yang dapat Anda rintis ini tak melulu perlu sesuai bersama bidang atau pengetahuan yang Anda tekuni.

Akan lebih bagus kalau sesuai bersama pengalaman dalam hidup Anda. Karena bersama begitu Anda lebih mengerti apa yang perlu Anda melakukan juga lebih sanggup melacak solusi sekiranya ada kendala.

Penentuan dapat bisnis apa yang Anda melakukan ini sanggup Anda mengatur bersama budget yang ada. Jika bisnis waralaba lah yang Anda mendambakan berarti Anda perlu mengatur modal Anda bersama harga waralaba.

Bisnis yang besar, membutuhkan lokasi, area bisnisnya perlu besar, perlu ada banyak pekerja, berarti modalnya perlu besar. Begitu juga sebaliknya.

Menentukan Visi atau Misi Bisnis Anda

Cara mengawali bisnis berikutnya adalah meyakinkan apa visi dan misi yang Anda menawarkan atau dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Ini perlu untuk dilaksanakan sehingga Anda mengerti betul apa yang menjadi kelebihan bisnis Anda dibanding bisnis orang lain.

Dengan hal ini pula, Anda juga lebih mengerti apa yang perlu dikatakan kalau seseorang menanyakan apa kelebihan bisnis Anda. Adanya visi dan misi juga memudahkan Anda dalam melakukan marketing atau promosi nantinya.

Tuliskan Rencana Bisnis Anda

Menulis rancangan bisnis membantu memformalkan gagasan Anda dan sanggup merampingkan proses penciptaan bisnis bersama membawa dampak Anda duduk dan berkhayal semuanya secara metodis.

Ingatlah, perencanaan adalah segalanya. Banyak entrepreneur mengerti bahwa ada nilai dalam berkhayal dan meneliti gagasan Anda; menulis rancangan bisnis adalah kanvas yang sempurna untuk latihan ini.

Paling tidak, Anda dapat langsung mengerti pertanyaan apa yang tidak Anda punyai jawabannya.

Memiliki pemahaman yang kuat perihal “hal-hal yang tidak diketahui” Anda adalah perlu dikarenakan seluruh itu berarti bahwa Anda secara aktif tidak memprioritaskan mendapatkan solusi sekarang; itu jauh lebih baik daripada tidak siap atau lengah, terlebih kalau Anda kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sambil melacak pendanaan.

Kegiatan sehari-hari Anda dalam menjalankan bisnis tidak diragukan lagi dapat terjadi bersama garis sementara yang jauh lebih pendek daripada rancangan bisnis rata-rata.

Dan itu hal yang bagus; Anda perlu mengerti apa yang Anda pikirkan, bukan apa yang Anda pikirkan. Tetapi draf awal dari rancangan Anda layaknya memetakan jalan untuk obyek yang diinginkan.

Seiring berjalannya waktu, banyak hal dapat berubah, dan detail menit dalam rancangan awal dapat menjadi usang. Tetapi kalau Anda tidak mengerti ke mana Anda dapat pergi, bagaimana Anda mengerti kapan Anda telah tiba?

Melakukan Survey

Sebelum merealisasikan bisnis yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan survey. Ada beberapa indikator survey yang perlu Anda lakukan. Diantaranya ada survey lokasi, survey konsumen, survey harga, dan lainnya.

Dengan melakukan survey harga Anda sanggup mengerti berapa harga yang di tawarkan oleh pesaing Anda di product atau jasa yang sama. Kemudian melakukan pertimbangan apakah Anda dapat menawarkan product Anda bersama harga yang sama, lebih murah, atau lebih mahal.

Survey pembeli dilaksanakan sehingga Anda lebih mengerti siapa pembeli Anda dan apa permohonan mereka.

Ini dapat memberitahu Anda juga apakah pasar Anda adalah kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas. Survey lokasi Anda melakukan untuk pilih di mana Anda menjalankan bisnis Anda. Bisa bersifat area bisnis, show room, pabrik, dan sebagainya.

Menyiapkan Modal

Mungkin pada mulanya Anda telah men crosscheck pada modal yang Anda punyai bersama bisnis yang dapat Anda jalankan. Mengapa hal berikut dibahas lagi di poin ini?

Alasannya adalah Anda perlu mempersiapkan modal bersama sempurna, melakukan pengadaan duit fisik, mempersiapkan duit yang siap untuk dilaksanakan transaksi, dan lainnya. Ini jadi berlaku kalau di poin pertama Anda hanya melakukan perkiraan berapa yang sanggup Anda kerahkan saja.

Memulai Bisnis

Setelah poin-poin pada mulanya telah Anda lakukan, mengawali bisnis itu sendiri lah yang menjadi cara selanjutnya. Memulai bisnis ini sanggup dilaksanakan bersama menghubungi pemilik atau penjaja lokasi berdasarkan survey lokasi yang telah Anda lakukan.

Kemudian Anda sanggup belanja barang apa saja yang digunakan untuk membawa dampak product bisnis Anda. Peralatan lain untuk membantu kegiatan bisnis juga sanggup langsung Anda siapkan.

Catat seluruh Pengeluaran sementara Memulai Bisnis dan sementara Bisnis Anda telah Berjalan


Setelah bisnis Anda berjalan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengembangan dalam bisnis Anda. Atur langkah terus-menerus untuk bisnis yang lebih baik. Untuk dasar pengembalian ketetapan Anda sanggup memanfaatkan laporan keuangan atau catatan transaksi yang telah terjadi selama sementara tertentu.

Baiknya Anda juga mencatat seluruh aset dan pengeluaran sementara mengawali usaha. Jika kesulitan, Anda sanggup memanfaatkan catatan simple untuk membawa dampak laporan keuangan sederhana.

Anda juga sanggup memanfaatkan software akuntansi layaknya Accurate Online untuk proses pembukuan, pencatatan transaksi dan stok, juga pembuatan laporan keuangan secara mudah dan cepat.


Accurate Online adalah software akutnansi berbasis cloud yang punyai fitur terlengkap di Indonesia. Mulai dari fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, penggajian, aset, sampai 200 type lebih laporan keuangan yang dapat tersaji secara otomatis untuk membawa dampak bisnis Anda menjadi lebih mudah.

Leave a Reply