Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan

Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan

Khasiat minyak VCO untuk kesehatan dan kecantikan telah cukup populer. Namun, tahukah kamu apa saja manfaat minyak VCO ini?  Yuk, simak informasinya berikut ini. 

Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan

Minyak kelapa telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Di tengah klaim bahwa itu dapat melakukan apa saja mulai dari membantu penurunan berat badan hingga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Banyak produsen mulai memakai minyak kelapa dalam produk kemasan, dan banyak orang yang menggunakannya untuk memasak. Banyak produk seperti gorengan, permen, sampo, kopi, dan smoothie mengandung minyak kelapa. Jika kamu memilih untuk membuat sendiri, kamu bisa membuat sendiri dengan mesin vco.

Meskipun masih ada beberapa argumen tentang minyak kelapa, ada juga banyak penelitian yang mendukung manfaat minyak kelapa. Ada dua jenis minyak kelapa, yakni virgin coconut oil (VCO) dan refined coconut oil (RCO).

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diekstrak dan memiliki manfaat kesehatan. VCO berasal dari kopra, atau daging kelapa kering, yang dikeluarkan dari tempurungnya dan ditekan untuk mengekstrak minyak alaminya. Virgin coconut oil atau VCO biasanya memiliki rasa yang tajam dan manis.

Berikut khasiat minyak VCO untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber. 

Manfaat Minyak VCO

1. Mengandung Asam Lemak Sehat

Manfaat pertama VCO, atau minyak kelapa murni, adalah mengandung lemak jenuh tertentu. Lemak ini mempunyai efek yang berbeda dalam tubuh dibandingkan dengan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa bisa merangsang tubuh untuk membakar lemak dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak. Mereka juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah kamu, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Osteoporosis

Khasiat Minyak VCO untuk Mencegah Osteoporosis

Stres oksidatif dan radikal bebas merupakan dua penyebab terbesar dari osteoporosis. Karena minyak kelapa mengandung antioksidan tinggi yang melawan radikal bebas, ini merupakan pengobatan alami yang penting untuk osteoporosis.

Khasiat dari VCO untuk kesehatan adalah meningkatkan penyerapan kalsium di usus. Penelitian tentang osteoporosis telah menemukan bahwa minyak kelapa tidak hanya meningkatkan volume dan struktur tulang pada pasien, tetapi juga mengurangi pengeroposan tulang akibat osteoporosis.

3. Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian tahun 1981 menemukan bahwa orang-orang Tokelau, rantai pulau di Pasifik Selatan, mendapatkan lebih dari 60 persen kalori mereka dari kelapa. Para peneliti melaporkan tidak hanya kesehatan umum yang baik, tetapi juga tingkat penyakit jantung yang sangat rendah.

Beberapa populasi di seluruh dunia telah hidup selama beberapa generasi yang telah makan kelapa dalam jumlah besar, dan penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki jantung yang sehat.

4. Bagus untuk Terapi Pijat

Minyak kelapa telah digunakan sebagai minyak pijat di negara-negara tropis selama ratusan tahun untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan aliran darah ke tubuh. Selain sifat antimikroba dan efek pelembab pada kulit, ia juga mempunyai aroma kelapa segar yang ringan.

5. Meningkatkan Energi dan Daya Tahan

Manfaat VCO selanjutnya adalah mudah dicerna dan juga menghasilkan energi berkelanjutan yang bertahan lebih lama dan merangsang metabolisme Anda.

Saat ini, banyak atlet menggunakan minyak kelapa sebagai sumber bahan bakar dalam latihan dan balap untuk acara jarak jauh. Kamu dapat membuat bahan bakar energi buatan sendiri dengan mencampurkan minyak kelapa, madu mentah, dan biji chia.

Sederhananya, konsumsi satu sendok makan sekaligus dan 30 menit sebelum latihan.

6. Memperbaiki Pencernaan 

Kelapa meningkatkan pencernaan karena membantu tubuh menyerap vitamin, kalsium, dan magnesium yang larut dalam lemak. Ketika minyak kelapa diambil dengan asam lemak omega-3, itu bisa dua kali lebih efektif karena mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh.

Minyak kelapa mampu membantu meningkatkan kesehatan bakteri dan usus dengan menghancurkan bakteri jahat dan candida. Ketidakseimbangan Candida, khususnya, dapat menurunkan asam lambung, menyebabkan peradangan dan pencernaan yang buruk.

Minyak kelapa meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mengobati atau mencegah mulas dan radang usus besar.

Demikianlah khasiat VCO untuk kesehatan dari berbagai penelitian bagi kesehatan tubuh kamu. Penting untuk tetap menjaga pola makan sehat lainnya serta olah raga yang teratur.

Untuk kamu yang ingin menggunakan mesin VCO, kamu bisa mendapatkannya di rumah mesin. Yuk, segera coba minyak VCO dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Leave a Reply