Khasiat Minyak Kelapa Untuk Payudara

Khasiat minyak kelapa untuk payudara. Teman-teman tahu ngga sih kalau minyak kelapa juga mempunyai khasiat untuk payudara. Teman-teman tentu sudah paham kan jika minyak kelapa memang memiliki ribuan manfaat untuk tubuh kita.

Minyak kelapa

Sebelum masuk ke penjelasan khasiat minyak kelapa untuk payudara kita kulik dulu yuk apa itu minyak kelapa. Buat teman-teman yang mungkin belum tahu pnjelasan detail minyak kelapa, kali ini saya akan mmberikan penjelasan singkat seputar minyak kelapa.

 Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dengan bahan baku utama kelapa segar, diambil kernel-nya atau minyaknya. Dibuat dengan melalui proses pemanasan yang terkendali atau tanpa melalui proses pemanasan dan tentunya bebas dari bahan kimia.

Penyulingan minyak kelapa ini akan menghasilkan kandungan senyawa esensial yang diperlukan tubuh dengan keadaan tetap utuh. Minyak ini juga memilki kandungan utama yaitu asam laurat yang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti biotik.

Proses pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan produk dengan kadar asam lemak bebas dan kadar air yang rendah, memiliki aroma wangi, berwarna bening, dan juga memiliki daya simpan yang tahan hingga 12 bulan.

Jadi tidak heran jika minyak kelapa memiliki manfaat yang banyak. Seperti untuk keperluan memasak, kesehatan tubuh, kecantikan kulit dan juga bermanfaat untuk bayi loh. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas khasiat minyak kelapa untuk payudara. Langsung simak penjelasan dibawah ini.

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Payudara

khasiat minyak kelapa untuk payudara

Pelembab Puting

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk payudara yaitu sebagai pelembab puting. Ini akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kondisi menyusui bayi dapat membuat putting payudara kering dan lecet.

Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada putting payudara akan membuat putting menjadi lembab sehingga mengurangi resiko lecet dan infeksi. Setelah mengolskan minyak kelapa, tidak perlu dibilas karena minyak kelapa aman untuk bayi, tidak seperti krim payudara yang mengandung bahan kimia.

Memperkaya Kandungan ASI

Sebuah studi penelitian American Jornal of Clinical Nutricion menunjukkan jika iu menyusui mengkonsumsi asam laurat dan asam kaprat dapat menghasilkan ASI yang kaya akan nutrisi,. Sedangkan minyak kelapa sendiri mengandung asam laurat dan juga asam kaprat.

Nah jadi konsumsi minyak kelapa ini dapat memperkaya kandungan ASI sekaligus dapat membantu fungsi penyerapan makanan dan fungsi pencernaan bayi yang belum sempurna

Krim Antijamur

Salah satu masalah payudara ibu hamil biasanya mengalami trush. Trush merupakan kondisi dimana payudara sang ibu terasa sakit, perih, dan pecah-pecah. Hal ini dapat membuat sang bayi ikut tertular infeksi jamur.

Karena minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan antijamur, minyak kelapa bisa menjadi pilihan alami untuk membantu mengatasi masalah infeksi jamur seperti trush. Cukup mengoleskan saja pada area payudara yang dirasa sakit atau pecah-pecah.

Nah itu dia beberapa manfaat dan khasiat minyak kelapa untuk payudara. Perlu diingat kembali, jenis kulit tiap orang berbeda ya teman-teman. Yang jelas pastikan jika minyak kelapa yang teman-teman gunakan adalah minyak kelapa murni.

Kali ini saya akan memberikan infromasi bagaimana cara memilih minyak kelapa yang murni tanpa campuran bahan kimia sedikitpun. Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Cara Memilih Minyak Kelapa Murni

  • Minyak kelapa VCO biasanya memiliki warna putih cerah atau bening. Tidak seperti kebanyakan minyak goreng yang berwarna kuning kecokelatan.
  • Minyak kelapa murni mempunyai aroma yang khas dengan kelapa, dan tidak mudah berubah menjadi tengik.
  • Pastikan terdapat tulisan non bahan kimia pada label kemasan.
  • Biasanya minyak VCO ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak goreng biasa.

Itu dia beberapa ciri-ciri minyak kelapa murni yang mungkin dapat membantu teman-teman saat memilih minyak kelapa. Pastikan benar-benar alami ya, supaya mendapat khasiat yang maksimal.

Jika teman-teman ragu untuk membeli minyak kelapa di took, saya ada cara mudah untuk membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Jika kita membuat sendiri bukankah sudah pasti alami? Simak penjelasannya.

Tanpa Pemanasan

  • Parut daging kelapa segar kemudian ambil santannya. Bisa juga menambahkan sedikit air agar mudah saat diperas.
  • Masukkan santan ke dalam plastik dan diamkan selama 1-2 jam hinga membentuk 2 lapisan. Di bagian atas lapisan santan dan dibagian bawah lapisan air.
  • Lubangi kecil bagian bawah plastic agar air mudah terbuang sehingga terpisah dengan santannya.
  • Kemudian simpan santal kental ke dalam wadah, dan simpan di suhu ruang yang aman dari sinar matahari selama 24 jam.
  • Setelah didiamkan selama 24 jam akan terbentuk 3 lapisan. Pada lapisan pertama terdapat minyak, lapisan kedua santan, dan lapisan ketiga air.Sendok minyak kemudian tuang ke dalam suatu wadah yang disaring dengan tisu non parfum dengan tujuan memisahkan santan dan minyak.

Dengan Pemanasan

  • Pilih kelapa segar kemudian parut dagingnya. Peras santannya, bisa juga menambahkan sedikit air untuk mempermudah memeras santannya.
  • Kemudian tuang santan ke dalam wajan steril dan masak selama 2-3 jam dengan api kecil kompor. Jangan lupa untuk sesekali mengaduknya agar santan tidak gosong.
  • Setelah santan berubah menjadi lebih kental dan berwarna kecokelatan, minyak kelapa kan terlihat muncul dipermukaan santan.
  • Lalu matikan api kompor dan simpan di dalam suhu ruang.
  • Saat santan sudah tidak panas tuang santan ke dalam wadah yang sudah dilapisi kain steril atau bisa menggunakan tisu non parfum. Hal ini bertujuan untuk memisahkan antara minyak dengan santan.
  • Gimana nih, tertarik untuk membuat sendiri kan? Sudah dipastikan ori jika membuat sendiri dan juga sedikit menghemat biaya.

Sudah di akhir artikel nih teman-teman, terimakasih banyak sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Semoga informasi mengenai VCO dan juga cara mengkonsumsi VCO dapat berguna dan membantu teman-teman semua. Good luck.

Leave a Reply