Intip Khasiat Pinang Muda Untuk Kesehatan Kewanitaan Berikut Ini

khasiat buah pinang untuk kesehatan kewanitaan
Ilustrasi Buah Pinang

Khasiat pinang muda untuk kesehatan kewanitaan – Buah jambe muda atau dalam bahasa Indonesia adalah buah pinang muda yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Khusus untuk wanita, kandungan zat alami yang terdapat pada jambe muda membantu menjaga kesehatan.

Sejak zaman dahulu, buah pinang telah dimanfaatkan. Ada properti yang tersembunyi di dalamnya. Baik digunakan sebagai bahan baku industri maupun bahan kesehatan.

Masyarakat adat menggunakan pinang muda sebagai bahan pembuatan sirih bersama dengan daun sirih, jeruk nipis dan daun tembakau.

Pinang terutama ditanam untuk keperluan bijinya yaitu sebagai campuran untuk mengunyah sirih. Biji pinang juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

Sehingga bagi orang yang berlatih mengunyah gigi dan gusinya akan kuat dan terhindar dari penyakit mulut lainnya. Untuk keperluan industri, buah pinang biasa digunakan sebagai pewarna alami.

Baca Juga : Cara Membuat Boba Dengan Mudah dan Enak

Pinang Muda dan Khasiat Bagi Kesehatan Kewanitaan

Buah yang dihasilkan tanaman pinang ini mengandung nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Buah pinang mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan wanita. Apa manfaat pinang muda untuk kesehatan wanita? yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Buah pinang untuk kesehatan rahim

Buah jambe muda dipercaya dapat mengecilkan kandungan setelah melahirkan sebagai jamu oleh masyarakat Biak dan Serui (Papua). Manfaat buah jambe muda bisa didapatkan dengan cara merebus jambe muda dan meminumnya selama satu minggu.

Buah jambe muda juga bisa berfungsi sebagai pencegah pendarahan berlebih setelah melahirkan. Air rebusan jambe muda juga dipercaya bisa menutup organ vital wanita.

2. Mengatasi Bau yang Kurang Sedap Pada Organ Vital

Anti oksidan pada buah jambe memiliki fungsi anti bakteri yang dapat menyebabkan infeksi oleh kuman di area vagina Anda. Sehingga menyebabkan keputihan dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, vagina yang tidak sedap juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kebersihan pada organ reproduksi. Hampir sama dengan cara mengobati keputihan, anda bisa menggunakan buah pinang muda rebus, kemudian gunakan airnya untuk membasuh vagina. Komponen anti bakteri alami pada buah pinang muda dapat membunuh kuman penyebab bau tak sedap di area tersebut.

3. Menambah Nafsu Makan

Asupan gizi yang lengkap dan bergizi merupakan salah satu upaya penting selama program kehamilan. Dengan demikian, kesehatan tubuh Anda dan tentunya sistem reproduksi bisa tetap terjaga.

Seperti diketahui, selama masa persiapan dan awal kehamilan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Untuk menjaga nafsu makan dan menjaga nutrisi yang cukup, Anda juga bisa memanfaatkan buah pinang yang masih muda. Secara rutin, buah pinang muda dipercaya bisa menambah nafsu makan.

4.Dapat Meningkatkan Stamina dan Gairah Seksual

Manfaat lain yang terkenal dari buah pinang muda adalah meningkatkan gairah seksual. Hal ini diyakini karena kandungan alkaloid aktif berupa senyawa arekolin yang terdapat pada buah pinang.

Konsumsi air rebusan untuk pinang dan pinang muda dikatakan dapat meningkatkan gairah seksual dan menjaga stamina. Oleh karena itu selain wanita, hal ini juga sering digunakan oleh pria.

Semua khasiat buah pinang memang banyak beserta efek sampingnya. Meski begitu, buah jambe hanya digunakan sebagai obat herbal, tidak disarankan untuk pengobatan jangka panjang. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter jika ingin mengkonsumsinya dalam jangka panjang.

Jika Anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi petugas kesehatan atau dokter terdekat.

Baca Juga : Simak Manfaat Buah Pinang Muda Untuk Laki-Laki, Dijamin Bikin Greng

Leave a Reply