Kenali Lebih dalam Program Studi Teknik Industri

Apa itu Program Studi Teknik Industri? Program atau jurusan yang satu ini banyak dipilih oleh seseorang saat jenjang pendidikan tinggi perkuliahan. Sebelum kalian mengambil jurusan tersebut lebih baiknya  kalian harus mengetahui tentang jurusan yang satu ini. Langsung saja simak dan baca artikel berikut ini.

Apa Itu Program Studi Teknik Industri?

Program Teknik Industri merupakan jurusan perkuliahan yang mempelajari tentang proses industri, baik dari segi teknik maupun manajemen. Sebenarnya, Ilmu Teknik Industri ini turunan dari teknik mesin. Meskipun demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari tentang ilmu matematika, fisika, biologi sama ilmu manajemen saintifik.

Untuk jurusan Teknik Industri, nantinya akan mempelajari mengenai pemasangan terhadap sistem integrasi dengan memerlukan tenaga manusia, alat-alat energi, material, hingga perancangan.  Studi Teknik Industri ini dibagi menjadi tiga bidang besar. 

Bidang pertama, sistem manufaktur yang mempelajari tentang peningkatan kualitas, produktivitas, serta efisiensi sistem produksi. Selanjutnya bidang yang kedua yaitu manajemen industri yang dimana mahasiswa mempelajari tentang manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, ekonomi teknik, serta perencanaan dan pengendalian produksi. Sedangkan bidang yang ketiga yaitu industri dan tekno ekonomi seperti penelitian operasional, sistem basis data, sistem logistik, juga statistik.

Inilah Mata Kuliah Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu studi yang paling tepat kalian pilih. Apalagi apabila kalian mempunyai kemampuan matematika serta pintar dalam mengelola suatu sistem kalian pasti akan menikmati dan sukses kedepannya dengan mengambil jurusan yang satu ini. Apabila kalian mengambil jurusan ini akan mendapatkan beberapa mata kuliah saat mengambil jurusan Teknik Industri ini seperti.

  1. Matematika
  2. Fisika Dasar
  3. Kimia Dasar
  4. Menggambar Teknik
  5. Teori Probabilitas
  6. Material Teknik
  7. Mekanika Teknik Dasar
  8. Matriks dan Ruang Vektor
  9. Statistika Industri
  10. Elektronika Industri
  11. Pengantar Ergonomi
  12. Elektronika Teknik
  13. Psikologi Industri
  14. Perancangan Tata Letak Pabrik
  15. Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri

Semua mata kuliah Program Teknik Industri sesungguhnya saling terintegrasi satu sama lainnya. Sebab, lulusan jurusan program ini diharapkan dapat memandang seluruh problematika yang ada dalam sebuah industri memakai sudut pandangnya.

ITDA menyediakan Program Studi Teknik Industri untuk kalian ambil untuk masa depan dan karir yang cemerlang. Semoga bermanfaat bagi para mahasiswa yang baru untuk melangkah maju di bangku perkuliahan. 

Leave a Reply