Kegunaan Elevator Panas Pada Pembangunan Infrastruktur

Kegunaan Elevator Panas – Elevator panas (hot elevator) dari Indoreadymix berfungsi untuk membawa agregat panas yang dikeluarkan dari bagian silinder pengering atau dryer yang selanjutnya diarahkan menuju saringan (ayakan) panas (hot screening) untuk dipisahkan dengan sesuai ukuran agregat masing-masing. Partikel-partikel yang lebih halus akan masuk ke dalam batch yang ada di masing-masing kamar dari back house filter ini. Lalu abu batu yang lebih halus ukurannya masuk di masing-masing kamar ini. Di situ sudah terjadi dua kali penyaringan. Material yang melewati proses back house filter lebih tinggi dibandingkan dengan yang sistem bebas filter.

Material yang dihasilkan lewat proses back house filter lebih bersih, lebih presisi karena abu batu yang tadinya menyelimuti agregat-agregat yang diproses dalam pengering itu sudah diisap dan hasil dari agregat ini sudah benar-benar bersih dari debu. Alhasil, pada saat pencampuran, formula yang dimasukkan sama persis seperti hasil akhirnya. Apa yang dimasukkan, maka segitulah hasil akhirnya. Itu berarti, hasil akhirnya lebih presisi dibandingkan penggunaan waste scrubber system yang cenderung kurang efisien karena dalam proses ini masih ada abu batu yang menyelimuti agregat ini sehingga tidak bisa diketahui seberapa banyak yang masih tersisa abu batu yang ada di agregat ini, Baginda menjelaskan.

Ia menambahkan, ketika raw material beton cor dari alat sewa pompa beton murah sudah tersaring di back house filter, abu batu yang disaring terperangkap dengan mekanisme desain dari Ammann dengan menggunakan sistem air pressure. Ini memungkinkan mekanisme self cleaning dengan menggunakan air pressure. Jadi, udara luar dibiarkan masuk, sehingga tekanan yang tadinya vacuum kemudian menjadi sama tekanannya dengan yang di luar.

Akibatnya, abu batu yang ketangkap di batch jatuh ketika udara luar masuk ke dalam back house filter itu. Akhirnya, sisa gas yang keluar melalui cerobong asap, ukuran partikelnya sebesar helai rambut alias sudah sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh mata. Jadi, yang keluar itu seperti uap panas saja. Tidak ada lagi yang namanya asap hitam yang keluar dari cerobong asap dari sistem back house filter ini. Dan ini terkait dengan teknologi ramah lingkungan tadi, ujarnya.

Desain pengering Ammann memungkinkan material yang masuk di awal seperti sudah disandera, karena alat pengering berputar sehingga material jatuh dan membentuk tirai yang sempurna. Tirai yang sempurna ini hanya memberikan celah (gap) sehingga asap udara panas yang dihasilkan dari api (clean burner) diisap secara maksimal dengan efisien oleh material yang jatuh tadi. Hal ini berdampak terhadap penghematan pemakaian bahan bakar.

Leave a Reply