Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Sebagian besar kemasan plastik memiliki simbol dalam bentuk nomor 1-7 yang terkandung dalam segitiga panah. jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang dapat diketahui dari simbolnya. Setiap angka dalam segitiga panah menginformasikan bahan kimia yang digunakan untuk membuat kemasan plastik, jumlah pengaruh plastik dalam pencemaran lingkungan dan kemungkinan daur ulang plastik.

Sayangnya, semua orang tidak mengerti arti dari simbol kemasan plastik ini. Faktanya, pengenalan simbol daur ulang plastik ini sangat penting untuk menentukan jenis kemasan plastik untuk digunakan dan berpartisipasi dalam mengurangi penggunaan plastik yang tidak dapat didaur ulang.

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Yuk, kenali 7 jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang berikut ini

Pete atau PET (ucapan polietilen)

Kemasan plastik dengan simbol nomor 1 di segitiga panah juga disebut Pete atau PET. Simbol-simbol ini ditemukan dalam paket minuman, seperti air mineral atau soda. Banyak yang menganggap bahwa jenis kemasan plastik ini aman, tetapi kemasan PET hanya dapat digunakan sekali.

Jika paket hewan digunakan diulang, diisi khusus dengan air panas, lapisan polimer pada fonda plastik ini dan menghasilkan zat karsinogenik, pemicu kanker. PET plastik terdiri dari plastik biodegradable, yang berarti dapat didaur ulang dengan mudah. Bahkan, sebagian besar kolektor atau gawang sampah menerima jenis plastik ini.

HDPE (polietilen densitas tinggi)

Dari tujuh simbol daur ulang plastik, simbol angka 2 pada segitiga panah atau HDPE dianggap aman. Plastik HDPE lebih tahan terhadap suhu panas dibandingkan dengan plastik hewan peliharaan. Inilah sebabnya mengapa sebotol susu menggunakan jenis plastik ini.

Bukan hanya botol susu, plastik HDPE juga digunakan untuk membuat Tupperware, galon air minum dan botol jus buah. Bahkan, sampo dan botol deterjen juga menggunakan kemasan plastik HDPE. Jenis plastik HDPE mudah didaur ulang lagi. Biasanya, plastik HDPE didaur ulang lagi dalam paket, sampo atau minyak deterjen.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis plastik PVC atau dengan simbol angka 3 di triangle panah dianggap berbahaya untuk pangan atau wadah minuman. Karena plastik PVC mengandung phthalate pada risiko meningkatkan keguguran penyakit ginjal.

Meskipun diklaim berbahaya, tetapi pada kenyataannya, kemasan plastik PVC selalu digunakan untuk memasak botol minyak atau paket makanan yang jelas. Plastik PVC lebih cocok untuk jendela, botol sampo atau pipa. PVC dapat didaur ulang di karpet, lumpur atau bahan pembuatan lantai.

LDPE (polietilen densitas rendah)

Anda akan menemukan plastik LDPE atau simbol nomor 4 dalam segitiga arroduktif pada pakaian, tempat makan dan botol. Plastik polietilen rendah ini kuat, transparan dan cocok untuk penyimpanan makanan karena sulit menyebabkan reaksi kimia terhadap makanan yang disimpan.

Namun, plastik LDPE sulit untuk dihancurkan dan didaur ulang lagi. Jadi, jika Anda menemukan wadah plastik LDPE, Anda harus menggunakan beberapa kali atau didaur ulang dalam hal yang berguna yang berguna, seperti lokasi pensil atau mini-pot bunga.

PP (Polypropylene)

Di antara banyak jenis kemasan plastik, jumlah plastik tetap 5 atau PP adalah yang paling aman untuk mengemas makanan dan minuman. Karakteristik plastik PP kuat, ringan, tembus uap rendah, tahan terhadap minyak dan stabil pada suhu tinggi.

Keselamatan plastik PP membuatnya dipakai sebagai bahan untuk pembuatan botol susu bayi, botol minuman dan tempat-tempat katering. Anda dapat menggunakan kemasan plastik PP beberapa kali untuk mengemas makanan dan minuman. Kemasan plastik PP dapat didaur ulang lagi terbuat dari plastik, sapu atau baki.

PS (Polystyrene)

Hati-hati saat menggunakan plastik PS atau ada simbol angka 6 di triangle panah. Selain jenis plastik biodegradable, plastik PP adalah polimer aromatik yang akan memancarkan bahan styrene yang merupakan jenis zat karsinogenik yang memicu kanker dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, Styrene akan dirilis jika bersentuhan dengan makanan lemak hangat.

Kemasan plastik PS umumnya dalam cangkir sekali pakai, kartu telur, piring dan cakram kompak (CD). Daur ulang plastik PC cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu. Jenis plastik ini juga tidak bisa gagal sendirian. Lebih disukai, hindari menggunakan plastik PS untuk alasan kesehatan dan mengurangi polusi lingkungan.

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang Lainnya

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang Lainnya (Polycarbonate)

Plastik yang ditandai dengan simbol nomor 7 di segitiga panah adalah jenis plastik yang berbahaya bagi kesehatan. Polycarbonate plastik mengandung bisphenol-a (BPA), bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan hormon, seperti infertilitas dan masalah reproduksi lainnya.

Sangat disayangkan bahwa plastik polycarbonate masih sering ditemukan di cangkir anak-anak dan galon air minum. Namun, bahaya plastik polikarbonat selalu kontroversial. Beberapa menganggap penggunaan plastik aman, tetapi ada juga yang menganggapnya berbahaya.

Simbol daur ulang plastik dibuat untuk memfasilitasi proses daur ulang plastik sesuai dengan tipenya. Namun, sebagai orang awam, kita juga harus tahu arti simbol daur ulang ini untuk memilih plastik yang aman untuk kesehatan dan lingkungan.

Untuk proses mendaur ulang, umumnya plastik harus dicacah terlebih dahulu. Untuk memudahkan proses ini kita bisa memakai mesin pencacah plastik. Mesin pencacah plastik ini bisa dipesan secara langsung di rumahmesin.

Kesimpulannya, untuk pangan dan wadah minuman harus memilih campuran plastik nomor 5 atau PP, karena itu adalah pria plastik yang aman dan ramah lingkungan. Sebaliknya, hindari plastik dengan simbol angka 6 atau PS, karena selain menjadi berbahaya bagi kesehatan, plastik ini juga dapat mencemari lingkungan karena tidak mudah terjadi.

Leave a Reply