Jenis-jenis Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Dalam kehidupan sehari-hari, kehadiran virus telah menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan manusia. Namun, seringkali berbagai virus tersebut lebih banyak memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus adalah penyakit yang rentan menyebabkan kematian.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Rubella

Rubella adalah sebuah penyakit berbahaya, apalagi jika dialami oleh ibu hamil. Jika menimpa janin di dalam kandungan, maka hal ini dapat menimbulkan cacat bawaan lahir atau bahkan keguguran. Adapun gejala yang terlihat yaitu demam dan ruam di sekujur tubuh.

HIV/AIDS

HIV adalah suatu penyakit yang mampu melemahkan sistem imun tubuh dengan cara melenyapkan sel darah putih. Adapun AIDS merupakan fase terakhir dari infeksi HIV. Penyakit ini dapat menyebar melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik yang bersamaan.

Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue ialah virus yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Umumnya, penyakit ini menimpa orang yang berada di kawasan lembab dan hangat. Adapun gejala yang muncul yaitu seperti demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, ruam, dan muntah.

Zika

Zika juga termasuk salah satu penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk. Ibu hamil yang mengidap zika juga rentan menularkannya ke janin yang dikandungnya. Gejala yang dialami oleh penderita zika yaitu demam, nyeri otot dan sendi, ruam, gatal di sekujur tubuh dan sakit kepala.

COVID-19

COVID-19 adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh SARS-COV-2. Penyakit ini tengah menjadi wabah yang menyebabkan ratusan hingga ribuan orang meninggal setiap harinya. Virus ini berasal dari Wuhan, China dan hingga kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Adapun gejala yang dialami oleh penderita COVID-19 yaitu batuk kering, demam dan sesak napas yang terjadi selama 2 hingga 14 hari.

Cara Mencegah Penyakit yang Diakibatkan oleh Virus

Penyakit yang disebarkan oleh virus adalah penyakit yang rawan merenggut nyawa penderitanya. Agar tidak sampai mengalami sakit yang demikian, maka diperlukan suatu upaya pencegahan, salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan.

Kebersihan harus diterapkan, baik di rumah ataupun ketika di luar rumah. Setelah menjalani aktivitas padat di luar rumah, sebaiknya lekas cuci tangan menggunakan sabun. Jika berkeringat dan merasa sangat kotor karena debu dan polusi, Anda bisa segera mandi untuk membersihkan tubuh.

Gunakanlah sabun mandi berkualitas yang telah terdaftar BPOM untuk memastikan keamanannya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan sabun antiseptic seperti Medicare yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama puluhan tahun.

Dengan memilih sabun mandi berkualitas untuk mandi, maka Anda bisa meminimalisir terjadinya risiko penularan virus-virus yang mematikan. Tubuh dapat tetap terjaga dan Anda bisa beraktivitas dengan tenang di luar rumah.

Leave a Reply