Hunian Yang Menggunakan Water Treatment Plant

Nama proses Water Treatment Plant (WTP) kemungkinan masih tidak cukup familiar di telinga penduduk luas.

Bagi Anda yang belum jelas apa itu WTP, ini merupakan sebuah proses yang difungsikan untuk mengolah air berasal dari kualitas air baku (influent) yang tidak cukup bagus, sehingga menghaslikan kualitas air pengolahan (effluent) standar kualitas yang siap untuk dikonsumsi.

WTP di dalam bhs Indonesia dikenal dengan singkatan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

WTP biasanya digunakan untuk mencukupi keperluan air pada berbagai sektor industri, seperti pabrik tekstil, makanan dan minuman, kertas, sampai di bidang kesegaran seperti rumah sakit dengan menggunakan pengukuran Water Meter BR Tak cuma itu, kini proses selanjutnya termasuk dipakai oleh sektor bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan.

Sumber air yang dapat diolah diambil berasal dari berbagai sumber diantaranya sungai, danau, dan sumur yang memiliki tingkat kedalaman sesuai standar. Tak jarang, air laut dan sumur dangkal termasuk digunakan sebagai sumbernya.

Untuk mengolah air kualitas rendah menjadi air bersih diperlukan beberapa tahapan yang kudu dilalui. Dimulai berasal dari pengambilan air pada sumber atau raw water, pre-sedimentasi basin, koagulasi, flokulasi, sediment basin, filtrasi, netralisasi, clear water tank, dan berakhir di distribution tank.

Tahapan-tahapan selanjutnya tergantung pada kualitas air yang dapat diolah, dan kualitas hasil yang hendak dicapai. Kendati demikian tahapan selanjutnya merupakan prinsip dan cara kerja proses pengolahan air (WTP). Lantas perumahan mana saja yang terintegrasi proses ini?

Woodlandpark Residence, Jakarta Selatan

Apartemen yang berlokasi di Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, ini menawarkan jenis hidup sehat di di dalam sebuah kawasan hunian. Hal ini tercermin berasal dari material bangunan yang teruji ramah lingkungan.

Sumber air yang ada di tiap-tiap unit termasuk merupakan hasil berasal dari pengolahan proses WTP bersertifikat SUCOFINDO.

Jadi, air Sungai Ciliwung yang berada di sisi belakang apartemen, diolah menjadi air bersih yang siap dikonsumsi untuk keperluan penghuni sehari-hari. Pihak pengembang termasuk sudah merelokasi pohon-pohon tua (bukan ditebang), untuk dijadikan taman hutan yang menjadi center point di lokasi proyek (tree pit).

Selain fasilitas WTP, apartemen ini termasuk memiliki kolam renang, jogging track, sky lounge garden, children playground dan sport centers. Pilihan unit yang ditawarkan tower Mahogany di Woodlandpark Residence merasa berasal dari type studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan 2+1 bedroom.

Bumi Citeureup Asri, Bogor

Perumahan bersubsidi yang berada di Citeureup, Bogor, ini terintegrasi dengan proses Water Treatment Plant sebagai sumber air utamanya. Mengapa gunakan proses WTP?

Hal ini gara-gara suasana air tanah di lingkungan perumahan Bumi Citeureup Asri banyak banyak punya kandungan zat besi, sehingga sebabkan warna pada air menjadi kuning-kecokelatan, apalagi seringkali mengundang bau tak sedap.

Untuk itu, pengembang mengolah air berasal dari Sungai Cileungsi yang tidak cukup bagus, sehingga mampu memberikan kualitas air bersih kepada penghuni. Akan namun air bersih yang dihasilkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, melainkan cuma untuk aktivitas MCK saja.

Green Lake City, Jakarta Barat

Perumahan milik Agung Sedayu Group, Green Lake City, termasuk gunakan Water Treatment Plant peranan mencukupi keperluan air tiap penghuninya.

Menariknya lagi, air hasil olahan ini mampu langsung diminum dan dimasak. Mengingat, suasana air di kawasan Duri Kosambi terbilang tidak cukup bagus untuk dikonsumsi langsung.

Leave a Reply