Harga Kambing Aqiqah Bandung 2020

Harga Kambing Aqiqah Bandung – dalam Aqiqah, kambing merupakan salah satu hal yang mempunyai peranan penting. apakah aqiqah tersebut diterima atau tidak, bergantung dari kambingnya juga. Pelaksanaan aqiqah tidak akan sempurna jika kambing yang akan dibuat aqiqah tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan baik oleh MUI maupun dari dinas terkait.

Kaitannya dengan harga domba Aqiqah ini memang setiap daerah mempunyai harga yang berbeda-beda, tidak terkecuali harga kambing di Bandung yang juga beragam. Nah, harga kambing yang beragam tersebut ditentukan beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya, bisa anda simak ulasannya sebagai berikut.

Berapa Harga Kambing Aqiqah Bandung?

Paket aqiqah biasanya sudah lengkap dengan layanan masak hingga penyajian, namun tidak jarang juga yang hanya membeli kambing dan kemudian mengolah daging kambing sendiri. Bagi anda yang ingin membeli kambing aqiqah di Bandung, maka ada beberapa faktor yang menentukan harga kambing aqiqah 2020.

Ukuran dan Bobot

Faktor pertama yang menentukan harga kambing aqiqah Bandung ialah ukuran dan bobot kambing. Semakin besar ukuran kambing tersebut, maka harganya semakin mahal. Begitu juga dengan bobot, ukuran biasanya berbanding lurus denagn bobot.

Ukuran dan bobot kambing pun juga beragam, mulai dari 25 kg per kambing hingga yang premium di atas 34 kg. untuk harga kambingnya sendiri, ada yang dihitung perekor dan ada juga yang menggunakan sistem kiloan. Jadi kambing ditimbang, dan diberi harga per kilo.

Misalnya, bobot kambing 30 kg, dan harga per kilonya Rp. 80.000,00 maka harga kambingnya kurang lebih Rp 2.400.000.

Jenis Kelamin

Selain bobot dan ukuran, faktor lainnya yang mempengaruhi harga kambing di Bandung ialah jenis kelamin. Berbeda dengan hewan kurban yang mengharuskan jenis kelaminnya jantan, maka tidak dengan hewan aqiqah yang boleh memilih hewan jantan maupun betina. Sekalipun yang diutamakan ialah kambing jantan.

Harga kambing jantan memang lebih mahal dibandingkan dengan yang betina. Selain itu, jenis kelamin ini biasanya juga berbanding lurus dengan ukuran dan bobotnya. Kambing jantan cenderung lebih besar dan bobot.

Untuk selisih harganya sendiri, berada di kisaran 200 ribu hingga 500 ribu, tergantung kondisi kambingnya.

Usia Kambing

Memang usia kambing juga tidak terlepas dari bobot dan ukurannya. Jika masih muda biasanya ukurannya juga masih belum maksimal dan sebaliknya. Kaitannya dengan harga, usia kambing yang muda harganya biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan yang lebih tua.

Mengenai batasan usia kambing aqiqah sendiri memang ada beberapa pendapat ulama, ada yang membolehkan minimal usia 6 bulan namun ada juga yang mengatakan usia kambing aqiqah minimal 1 tahun.

Waktu

Waktu aqiqah ini juga mempengaruhi harga kambing loh. Harga kambing biasanya akan naik dua bulan atau sebulan sebelum idul adha. Hal tersebut beralasan mengingat kebutuhan akan kambing pada waktu tersebut banyak dan berdampak pada naiknya harga kambing.

Jika anda membeli kambing aqiqah dekat dengan idul adha tersebut, maka tidak heran jika harga kambingnya juga lebih mahal.

Nah, itulah setidaknya 4 faktor yang mempengaruhi harga kambing aqiqah Bandung 2020. Perlu diingat bahwa itu hanya harga kambingnya saja, belum penyembelihan, memasak hingga penyajian. Memang kalau dihitung-hitung, lebih baik menggunakan jasa aqiqah Bandung terpercaya dibandingkan mengurus aqiqah sendiri, karena membutuhkan banyak waktu, tenaga dan juga biaya, belum lagi rumah anda berantakan serta bau prengus kambing. 

Baca Juga Aqiqah di Cimahi

Leave a Reply