Guiding Block Jalur Pemandu Tunanetra dan Disabilitas

Tactile Guiding Block – Saat ini kita perlu sekali memperhatikan tatanan kota, dimana harus bisa memberikan keamanan serta kenyamanan bagi setiap orang, termasuk juga bagi penyandang disabilitas yang membutuhkan perhatian khusus agar dapat bercengkrama dengan semua orang.

Untuk itu saat ini diciptakanlah suatu alat atau atribut untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu dengan memberikan ubin bertekstur yang kita kenal dengan sebutan guiding block untuk memandu penyandang disabilitas khususnya tunanetra agar dapat berada dijalur yang tepat dan aman.

Guiding block ini memiliki 2 pola berbeda, dimana setiap polanya memiliki makna dan fungsi yang berbeda pula. Guiding block dengan pola garis lurus memiliki makna dan fungsi yang menjelaskan bahwa jalur aman untuk dilalui dan dapat terus berjalan, kemudian yang satunya adalah pola bulatan-bulatan kecil yang mengandung makna dan fungsi yang menandakan bahwa ditempat tersebut harus berhenti.

Untuk guding block sendiri diproduksi dari beragam bahan, misalnya saja dari bahan Teraso, dari logam aluminium, dan bahkan ada yang terbuat dari bahan stainless stell yang bisa bertahan dari karatan sehingga akan lebih awet dalam penggunaannya.

Dengan tersedianya guiding block ini pastinya akan memberikan rasa nyaman dan aman untuk penyandang disabilitas untuk melakukan aktifitas bepergian ke suatu tempat. Dengan mengikuti panduan pada guiding block ini penyandang disabilitas akan terhindar dari tempat-tempat berbahaya misalnya saja selokan, jalan raya, tembok, dan lain sebagainya.

Guiding block akan sering kita jumpai di tempat-tempat fasilitas umum seperti Bank, stasiun, Terminal, Mall, Pengadilan, Perpusatakaan, dan masih banyak lagi. Selain itu guiding block ini banyak dipasang juga di area luar gedung, misalnya saja pada trotar, jalan taman, jalur penyebrangan, dan lain sebagainya.

Guiding block jalur untuk memandu penyandang disabilitas ini biasanya dipasang sejajar dan rapi mengikuti arah jalan ke tujuan. Lokasi yang wajib dipasangi guiding block ini diantaranya jalur pintu untuk masuk atau keluar, jalur lalu lintas kendaraan, jalur yang menghubungkan bangunan dan jalan, jalur ke tangga, dan lain sebagainya.

Dengan dipasangnya Tactile guiding block ini diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua orang khususnya bagi penyandang disabilitas.

Leave a Reply