Faktor Penting Pada Instalasi Flow Meter

Dalam proses pengaliran menggunakan flow meter, terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan karena berpengaruh terhadap akurasi dari flow meter itu sendiri. Misalnya untuk liquid cair, pastikan flow meter tetap terisi penuh, tujuannya untuk menghindari adanya ruang bagi gas maupun uap di dalam flow meter yang dapat mengubah geometri dan mempengaruhi akurasi.

Sama halnya untuk keperluan pengaliran gas / uap, juga perlu diperhatikan bahwa flow meter dipasang sedemikian rupa dan terisi full oleh gas atau uap. Adanya cairan juga akan berpengaruh terhadap akurasi flow meter.

Perlu juga diketahu bahwa adanya hambatan atau gangguan yang terletak pada bagian hulu (kadang juga di hilir) pada flow meter, seperti adanya pipa siku (elbow pipe), control valve dapat mempengaruhi akurasi pengukuran, dikarenakan flow meter mungkin tidak dapat secara akurat mengukur aliran yang terganggu.

Cara terbaik yang dapat dilakukan ialah dengan menempatkan valve di bagian hilir flow meter agar gangguan aliran yang disebabkan oleh valve tidak masuk ke flow meter. Selain itu, kita perlu memperhatikan rancangan pipa dari hulu ke hilir, dimana perlu adanya aliran lurus yang cukup sebelum aliran memasuki flow meter.

Setiap jenis flow meter memiliki spesifikasi masing-masing, tidak ada flowmeter yang diberi label “satu ukuran untuk semua aplikasi”. Cara tepat untuk pemilihan flowmeter ialah dengan menggunakan aplikasi sebagai panduan, bukan teknologi.

Banyak teknologi yang dapat disesuaikan dengan aplikasi. Jika anda mendahulukan aplikasi, keuntungannya ialah anda dapat menentukan teknologi yang akan diterapkan, baik itu berdasarkan keakuratan, biaya, keandalan dan daya tahan.

Leave a Reply