Desain Rumah Tropis Modern

7 Ciri Desain Rumah Tropis yang Modern dan Ideal
Proses penentuan gaya arsitektur rumah harus ditentukan sesuai kebutuhan. Anda bukan hanya harus memperhatikan segi estetikanya, melainkan juga harus fokus pada kenyamanan dan kesehatan rumah. Nah, Anda bisa mengadopsi konsep desain rumah tropis yang bernuansa modern agar hunian jadi lebih sehat, nyaman, dan komponennya tak mudah rusak.Ada beberapa ciri khas arsitektur rumah tropis yang saling berkaitan satu sama lain untuk mendukung suasana tempat tinggal. Agar bisa lebih mudah mengaplikasikannya pada rumah modern Anda, yuk ketahui beberapa di antaranya untuk menghadirkan desain dan nuansa tropis yang memanjakan, Berikut contoh rumah tropis modern dari sinanarsitek.com:

Daftar Isi:
1.Overstek Atap yang Cukup Besar
2.Dinding Rumah yang Kokoh
3.Jumlah Jendela yang Banyak dan Berukuran Sedang
4.Penggunaan Sistem Ventilasi Silang (Cross-Ventilation)
5.Pemilihan Warna Bernuansa Cerah

Overstek Atap yang Cukup Besar

Overstek atau jettying adalah bagian atap yang menggantung tanpa ditopang tiang atau dinding. Arsitektur rumah bernuansa tropis identik dengan overstek atap berukuran besar sehingga ada bagian yang melindungi rumah dari paparan sinar matahari dan aliran air hujan dari atap. Overstek rumah-rumah tropis dibuat dengan bentuk miring untuk memaksimalkan aliran air hujan yang jatuh ke atap. Selain itu, overstek juga berfungsi menahan aliran hawa panas yang masuk ke rumah sehingga interior rumah tetap terasa sejuk.

Dinding Rumah yang Kokoh

Ciri khas arsitektur untuk rumah tropis lainnya adalah dinding rumah yang kokoh dan bertekstur tebal. Dinding bukan hanya menjadi sekat antar ruangan dan antar rumah, tetapi juga berfungsi sebagai penahan beban atap. Umumnya, orang Indonesia lebih menyukai rumah dengan sekat ruangan berupa dinding daripada konsep open plan karena masih menjunjung tinggi privasi.

Jumlah Jendela yang Banyak dan Berukuran Sedang

Keberadaan jendela pada rumah tropis penting untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara dalam ruangan. Itulah sebabnya desain khas rumah tropis modern identik dengan jumlah jendela yang cukup banyak dan berukuran sedang, terutama bila rumah Anda memiliki halaman sekeliling yang terbilang luas. Jendela rumah dapat dibuka pada pagi hingga sore hari supaya interior rumah selalu terang, bebas pengap, dan tidak terasa lembap. Pada musim hujan, Anda tinggal menutup rapat semua jendela untuk menjaga kehangatan interior rumah.

Penggunaan Sistem Ventilasi Silang (Cross-Ventilation)

Prinsip arsitektur lainnya yang berkaitan dengan rumah tropis modern adalah sistem ventilasi silang. Sistem ini memungkinkan udara masuk dari satu bagian rumah dan mengalir ke bagian rumah lainnya. Pemanfaatan sistem ini akan membuat suasana dalam rumah tetap sejuk meskipun Anda tidak menyalakan pendingin ruangan.

Pemilihan Warna Bernuansa Cerah

Komponen warna pada interior dan eksterior rumah tropis biasanya didominasi warna-warna cerah. Pemilihan warna cerah memang tepat untuk memaksimalkan kesan terang dan luas, apalagi bila ukuran rumah Anda tergolong mungil. Warna-warna cerah tersebut juga akan mempermudah Anda memilih warna furniture yang tepat untuk menampilkan kesan serasi. Anda wajib menggunakan cat dinding berkualitas yang anti jamur dan mudah dibersihkan sehingga dinding rumah tak mudah kusam akibat kelembapan udara yang tinggi.

Kesimpulan: Kesimpulan:Untuk kalian ingin memiliki desain rumah yang bernuansa tropis modern,desain rumah tropis modern.Terlihat anggun jika kalian bisa konsultasi dengan jasa desain rumah supaya desain rumah idaman kalian bisa terlihat anggun dan menawan.

Leave a Reply