Cucak Jenggot yang Bagus dari Daerah Mana?

Cucak Jenggot merupakan salah satu jenis burung yang sangat disukai oleh para kicau mania. Cucak Jenggot memiliki ciri khas bulu di bagian bawah paruhnya sehingga terlihat seperti jenggot. Burung  yang satu ini paling terkenal berasal dari Jawa dan juga Sumatra.

Cucak Jenggot yang Bagus dari Daerah Mana?

Lalu, suara Cucak Jenggot yang bagus dari daerah mana? Jika kita bicara bagus atau tidaknya antara kedua burung itu yang pastinya relatif. Bagus tidaknya suatu hal tinggal siapa yang melihatnya bukan? Oleh karena itu, sebagai pertimbangan akan memilih mana yang paling bagus, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Cucak Jenggot Jawa

Cucak Jenggot yang berasal dari Jawa memiliki ciri-ciri bodi yang kecil dan mungil. Untuk warna bulunya, Cucak Jenggot Jawa memiliki warna hitam kehijauan dengan bulu di bagian dada hingga perutnya berwarna cerah.

Ukurannya yang mungil ini membuat Anda tak harus menyediakan kandang yang terlalu besar. Untuk bagian bawah kepala, burung ini memiliki jenggot yang tak terlalu panjang atau lebat. Ya, terlihat lebih pendek dan tidak banyak. Sedangkan untuk bagian jambul di atas kepalanya lebih kecil atau pendek ketoka berdiri.

Walaupun bentuknya mungil, Cucak Jawa terkenal dengan suaranya yang sangat gacor. Banyak penggemarnya yang mengatakan bahwa burung yang satu ini memiliki suara yang sangat pedas dan terkesan seperti mengkristal. Burung ini juga sangat mudah ditemukan jika Anda tinggal di Pulau Jawa karena memang asalnya dari sini.

2. Cucak Jenggot Sumatera

Selanjutnya mengenai Cucak Jenggot Sumatra. Burung yang satu ini juga dikenal sebagai Cucak Jenggot Medan. Burung yang satu ini memiliki ciri-ciri badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan Cucak Jenggot dari Jawa.

Untuk warna bulunya pun juga lebih gelap jika dibandingkan dengan Cucak Jenggot Jawa yang terlihat lebih cerah. Warna dada dan perutnya terlihat lebih abu-abu ke hitam.

 Cucak Jenggot yang satu ini memiliki jambul di atas kepalanya tapi ukurannya lebih panjang dibandingkan yang variasi Jawa. Jenggotnya pun juga lebih lebat dan panjang jika dibandingkan dengan yang varian Jawa.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktifitas

Jika dilihat dari segi suaranya, Cucak Jenggot Sumatera itu lebih nyaring bunyinya. Tak hanya itu saja, jika Anda perhatikan suaranya lebih bulat dan padat jika dibandingkan dengan Cucak Jenggot Jawa.

Nah, itulah dua jenis burung Cucak Jenggot yang harus jamu ketahui dari daerah asalnya. Seperti yang dikatakan di atas bahwa mana yang lebih bagus semuanya adalah tergantung pada selera atau relatif. Jika ingin Cucak Jenggot yang kicauannya nyaring dan bulat pilih yang dari Sumatra, tapi kalau ingin yang pedas dan mengkristal bisa pilih dari Jawa.

Leave a Reply