Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet & Tahan Lama – AC kini menjadi kebutuhan utama di rumah, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Padahal, bukan tidak mungkin memiliki AC rumah yang bekerja sepanjang hari agar ruangan tetap sejuk.

Namun perlu Anda ketahui secara umum, semakin banyak barang yang digunakan maka nilai barang tersebut akan semakin menurun dan pada akhirnya bisa rusak.

Secara umum, masalah AC dimulai setelah masa penggunaan 2-4 tahun. Padahal, jika Anda bisa merawat dan menggunakannya dengan baik, kemungkinan besar AC Anda akan bertahan hingga 10 tahun.

Gunakan Timer Saat Menyalakan Ac

Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet & Tahan Lama

Gunakan fitur timer saat AC menyala sehingga mati secara otomatis pada waktu yang ditentukan. Atur waktu sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Direkomendasikan agar AC dijalankan maksimal 5 jam sekali pakai. Kemudian biarkan perangkat kembali dingin. Fitur timer juga menjaga agar perangkat AC tidak cepat rusak.

Sebaiknya jangan mengatur suhu AC di bawah 22 ° C. Ini akan menyebabkan perangkat AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat sama dengan suhu ruangan di Indonesia.

Rekomendasi Jasa Service Ac Wilayah Surkarta Klik Disini : Service Ac Solo Terbaik.

Lakukan Cuci Filter AC Secara Rutin

Bersihkan dan cuci filter AC secara rutin minimal satu sampai dua bulan. Jika terlihat sangat kotor, Anda bisa menggantinya dengan filter baru.

Debu pada filter AC akan menghalangi aliran udara masuk ke aliran udara dan mengganggu fungsi AC. Akibatnya AC akan cepat rusak.

Bersihkan Koil AC

Tidak hanya filternya, koil AC juga sangat penting untuk menjaga kebersihan karena debu sering menumpuk di bagian ini. Debu pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya menyerap panas. Tentunya hal ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan berujung pada korsleting. Periksa file secara rutin setiap tahun dan Anda dapat mencoba membersihkannya.

Periksa Termostat Pada Ac Secara Berkala

Selalu periksa thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan bahwa AC beroperasi dengan baik dan menjaga suhu ruangan tetap stabil. Setel termostat ke suhu yang lebih tinggi saat rumah tidak banyak orang / aktivitas. Atau, jika sama sekali tidak ada orang di dalam rumah, sebaiknya matikan AC.

Jangan Lupa Cek Kondisi Kipas Ac

Periksa kipas yang dipasang di atas unit kondensor di luar. Anda harus memastikan kipas masih dalam kondisi baik. Ganti bilah kipas jika Anda melihat retakan atau celah.

Melakukan Perwatan dan Service Ac Secara Rutin

Lakukan perawatan rutin, Anda bisa menggunakan jasa perbaikan AC untuk mengecek kelayakan AC tersebut. Perawatan AC secara teratur tidak hanya menghemat uang tetapi juga membuat rumah Anda nyaman. Khusus untuk daerah Solo bisa menggunakan Alifia service AC Solo tentunya.

Itulah yangbisa kami tulisakan seputar Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet & Tahan Lama. Semoga dengan harapan terbaik dapat membantu anda semua.

Leave a Reply