Cara Mendapatkan Kartu Singapore Tourist Pass Untuk Berkeliling Singapura

Singapura adalah negara yang banyak menjadi tujuan wisatawan dalam paket wisata Asia yang ditawarkan oleh para agen wisata. Negara Singapura memiliki beragam objek wisata menarik yang mampu menarik minat banyak wisatawan dari mancanegara untuk datang kesana. Sebagai penunjang kegiatan keuangan dan pariwisata, negara Singapura memiliki sistem transportasi yang saling terintegrasi dengan sangat baik.

Di Singapura untuk menggunakan transportasi umum biasanya bisa langsung membayar atau menggunakan dua jenis kartu pass sebagai tiket. Biasanya, orang yang akan bepergian mengelilingi Singapura lebih memilih menggunakan kartu pass yang lebih murah daripada membayar langsung. Disana ada dua jenis kartu pass yang digunakan untuk transportasi umum yaitu EZ-Link dan Singapore Tourist Pass (STP).

Diantara dua jenis tersebut, jika wisatawan khususnya dari luar negeri hanya tinggal untuk 2-3 hari maka sebaiknya memakai STP. Singapore Tourist Pass atau STP sendiri merupakan kartu pass yang berfungsi untuk jangka waktu satu hingga tiga hari saja. STP bisa didapatkan di beberapa tempat di Singapura dengan membayar deposit serta biaya pemakaian sesuai jumlah hari penggunaannya.

Berikut adalah cara mendapatkan Singapore Tourist Pass atau STP untuk berkeliling di negara Singapura:

Membeli di counter Bandara Changi

Pertama yang bisa dilakukan untuk memperoleh kartu STP adalah mendatangi bandara Changi dan mencari loket pembelian tiket STP. Loket pembelian STP di bandara Changi berada di terminal dua tepatnya di lantai basement terminal dua Changi Airport. Loket tiket STP buka jam 12 siang hingga setengah delapan malam dengan jeda istirahat 1 jam di jam 4 sore.

Membelinya di counter otomatis Bandara Changi

Kedua, selain di lantai basement terminal dua Changi Airport, wisatawan juga bisa membeli kartu STP di counter otomatis. Ada dua tempat kios STP otomatis yang bisa digunakan di bandara Changi yaitu di terminal 2 dan terminal 3. Umumnya counter otomatis jadi alternatif bagi para wisatawan untuk membeli kartu STP ketika loket utama sedang penuh dan antri.

Membeli di counter City Hall

Ketiga, wisatawan juga bisa mendapatkan tiket melalui counter yang terdapat di City Hall tepatnya di counter stasiunnya. Pembelian tiket disini bisa dilakukan setiap hari mulai jam sembilan pagi hingga jam sembilan malam. Sistem pembeliannya pun juga sama dengan pembelian di loket tiket yang ada di bandara Changi dimana harus menyiapkan paspor.

Mendapatkannya di beberapa stasiun MRT

Yang keempat, bagi para wisatawan dari mancanegara yang ingin mendapatkan kartu STP bisa mendatangi beberapa stasiun MRT di Singapura. Tidak semua stasiun MRT di Singapura terdapat counter penjualan kartu STP sehingga wisatawan hanya bisa mendapatkannya di beberapa stasiun saja. Meskipun begitu, setidaknya ada lebih dari sepuluh stasiun MRT di Singapura yang memiliki counter pembelian kartu STP.

Memesan secara online

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan STP untuk bepergian di Singapura adalah dengan memesannya secara online. Namun, cara ini hanya berlaku untuk kartu STP Plus yang memiliki beberapa kelebihan termasuk harganya yang sedikit lebih mahal. Pesan online bisa dilakukan dengan mengakses situs Changi Recommendation dan disana terdapat instruksi yang bisa diikuti dengan jelas.

Kelima cara tersebut bisa dilakukan untuk mendapatkan kartu STP yang bisa digunakan sebagai tiket transportasi ketika berada di Singapura. Dengan menggunakan tiket STP, para wisatawan mancanegara bisa lebih berhemat terutama dari segi biaya transportasinya.

Leave a Reply