Cara Memperoleh Opal Card Untuk Berkeliling Kota Sydney

Kota Sydney di negara bagian New South Wales adalah kota terbesar di negara Australia dan seluruh wilayah Oceania. Sydney adalah kota metropolitan dengan luas lebih dari 12 ribu kilometer persegi dengan penduduk sekitar 5,3 juta jiwa. Selain itu, Sydney juga merupakan koloni Inggris tertua di benua Australia yang didirikan pada tahun 1788.

Sebagai kota metropolitan terbesar di kawasan Oceania, Sydney memiliki sistem transportasi yang terintegrasi dengan sangat baik. Hampir semua jenis transportasi bisa ditemukan di kota Sydney terutama transportasi umum mulai dari bus, kereta, hingga feri. Semua moda transportasi umum tersebut bisa digunakan dengan satu sistem pembayaran dengan menggunakan opal card.

Opal Card merupakan sebuah kartu atau tiket yang bisa digunakan sebagai tiket untuk semua moda transportasi umum di Sydney. Kartu ini bisa disimpan dan diisi ulang setiap saat untuk digunakan pada berbagai jenis transportasi umum di kota Sydney. Bagi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara, untuk mendapatkan opal card bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Membeli di Loket Bandara Sydney

Bagi wisatawan dari luar Australia, untuk mendapatkan opal card cukup mencari lalu membelinya di bandara ketika tiba Sydney. Kartu pintar yang berfungsi sebagai tiket untuk semua moda transportasi ini bisa didapatkan di beberapa loket di area bandara Sydney. Turis asing cukup mengunjungi loket untuk penerbangan domestik maupun loket penerbangan internasional dan membeli opal card disana.

Datang ke Newslink di Bandara

Masih di kawasan bandara, alternatif lain jika loket bandara penuh maka wisatawan bisa mengunjungi Newslink yang ada di Bandara. Hampir sama dengan membeli di loket bandara, wisatawan hanya perlu ke kasir dan membeli opal card disana. Setelah mengisi nominal tertentu pada opal card, maka kartu pintar ini bisa segera digunakan untuk menjelajahi kota Sydney.

Pergi ke Stasiun Kota

Pada kondisi dimana wisatawan sudah keluar dari bandara dan lupa untuk membeli opal card, maka masih ada alternatif tempat lain. Jika sudah berada di luar bandara, wisatawan bisa mendapatkan opal card dengan pergi ke stasiun di kota Sydney. Ada dua stasiun di kota Sydney dimana wisatawan bisa membeli opal card yaitu Central Station dan Wynyard Station.

Memesan di Situs Resmi Opal

Langkah termudah untuk mendapatkan opal card adalah dengan memesannya melalui situs resmi opal beberapa saat sebelumnya. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi opal lalu pilih opal card yang dibutuhkan dan isi data yang diperlukan. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan sudah memiliki tempat untuk menginap ketika di Sydney sebelum memesan opal card secara online.

Memanfaatkan Paket dari Travel Agent

Beberapa travel agent atau agen wisata biasanya menawarkan bantuan untuk mendapatkan opal card pada paket milik mereka. Ini bisa menjadi alternatif terbaik dibandingkan harus pergi ke beberapa tempat atau mengurus secara online untuk mendapatkan opal card. Cukup dengan membayar sesuai paket yang diinginkan maka wisatawan bisa mendapatkan opal card saat tiba di kota Sydney.

Lima cara yang telah disebutkan diatas merupakan beberapa cara memperoleh opal card untuk mengelilingi kota Sydney. Untuk para wisatawan, sebagaimana poin terakhir, bisa mendapatkan opal card jika agen wisata memasukkannya dalam paket wisata luar negeri mereka. Beberapa agen wisata terkadang juga menambahkannya sebagai add-on yang ditawarkan dengan biaya yang cukup menarik.

Leave a Reply