Cara Membuat Telur Dadar Gulung Khas Jepang Yang Istimewa

Halo teman – teman sekalian! Untuk pembahasan artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat telur dadar gulung khas Jepang yang tentunya punya rasa yang nikmat dimulut dan istimewa.

Telur dadar gulung khas jepang ini juga lumayan mudah untuk dibuat, jadi kalian bisa mempraktekkanya langsung di rumah kalian masing – masing.

Bukan cuma cara pembuatanya saja nih, tetapi ada beberapa hal lain mengenai telur dadar gulung khas Jepang yang akan saya bahas. Jadi pastikan kalian terus simak artikel ini sampai habis biar tidak ada hal – hal dan fakta menatik seputar telur dadar gulung khas Jepang.

Cara Membuat Telur Dadar Gulung

Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Telur dadar gulung adalah makanan yang terbuat dari adonan telur yang digoreng kemudian digulung menjadi gulungan dan dipotong-potong. Makanan ini berbeda dengan telur gulung jika telur gulung menggunakan tusuk sate, tidak goreng dadar dan keriting.

Nama lain dari hidangan ini adalah “tamagoyaki” yang berarti “telur gulung”, hidangan ini sangat populer di Jepang dan umumnya disajikan dalam bentuk bento (makan siang). Selain makan siang, tamagoyaki juga cocok untuk sarapan atau makan malam.

Telur gulung khas Jepang ini cocok untuk makan siang. Ini karena telur gulung bisa menjadi sumber lauk yang kaya protein. Selain karena bentuknya yang kecil, makanan ini juga sangat praktis untuk dikemas dan dimakan sekaligus.

Telur gulung khas Jepang juga tidak mudah basi, sehingga juga cocok sebagai aksesori perjalanan. Selain karena tidak mudah kedaluwarsa dan mudah dikemas. Makanan ini juga kaya akan nutrisi dan rasanya yang lezat, sehingga disukai oleh anak-anak.

Buat kamu yang bosan dengan menu ini, ini dia. Mungkin ini juga menjadi pilihan tambahan untuk menu harian Anda. Bentuknya yang menarik, sederhana dan bergizi membuat makanan ini layak untuk dicoba dan jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya

Cara Membuat Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Anda tidak bisa mengatakan bahwa membuat telur gulung itu mudah, karena membuat hidangan ini membutuhkan trik tersendiri. Anda perlu trial and error untuk menjaga gulungan dan bentuk telur gulung.

Tapi jangan khawatir, bagian yang sulit hanya saat menggelinding. Meski gagal dan telurnya pecah, jangan khawatir, itu tidak akan mempengaruhi rasanya.

Dalam telur gulung biasa, Anda biasanya hanya menggunakan garam dan menambahkan sayuran hijau.

Namun karena ini adalah gaya Jepang, kami menggunakan beberapa makanan khas Jepang seperti kecap (merek Yamasa atau Kikkoman jika memungkinkan agar rasanya lebih otentik) dan mirin (ini opsional karena bahannya tidak halal dan mengandung alkohol) .

Nah, sebelum melangkah lebih jauh, kita harus menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Perlengkapannya antara lain wajan teflon berbentuk persegi panjang atau bulat untuk menggoreng telur, kemudian spatula, kuas untuk mengoleskan minyak pada teflon.

Kemudian perlengkapan seperti mangkok atau baskom untuk meletakkan bahan dan bumbu, pisau dan talenan untuk memotong telur dan piring untuk menyajikan makanan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Telur (4 butir)
  • Kecap asin (1 sendok makan, kalau bisa yang produk yamasa atau kikkoman untuk rasa yang benar – benar otentik)
  • Mirin ( 1 sendok, untuk yang ini opsional dikarenakan mirin adalah produk non halal yang memiliki kandungan alkohol)
  • Gula pasir (1 sendok makan)
  • Garam (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat :

  1. Pecahkan telur dan kocok telur dengan garpu atau tusuk gigi sampai kuning dan putihnya tercampur rata.
  2. Jika sudah, tambahkan mur, kecap asin, gula dan sedikit garam, kocok hingga rata.
  3. Buat teflon dan oleskan minyak pada permukaan teflon dengan kuas, pastikan menggunakan api kecil, biasanya dengan api sedang, karena jika panas terlalu tinggi telur akan gosong dan cepat lengket saat digulung.
  4. Tuang sedikit adonan telur untuk menutupi permukaan wajan, tunggu bagian bawah matang jika bagian bawah kaku dan bisa diangkat dengan spatula, tetapi permukaannya masih cair, balikkan telur dengan spatula dan sisihkan ke tepi teflon.
  5. Oleskan kembali minyak ke bagian wajan yang kosong dengan kuas lalu tuang sedikit adonan telur untuk melapisi permukaan wajan yang kosong.
  6. Jika bagian bawah telur kaku dan bagian atasnya masih mengalir, putar telur yang Anda buat pada langkah 4.
  7. Ulangi langkah 4-6 sampai adonan telur habis, setelah selesai angkat telur dan letakkan telur diatas talenan, diamkan.
  8. Setelah dingin, potong-potong telur gulung dan tamagoyaki siap disantap. Anda bisa menggunakan saus untuk memakannya, tetapi karena sudah dibumbui dengan kecap dan kecap, tidak perlu.

Leave a Reply