Cara Membuat Kue Balok Tanpa Cetakan Kue Balok

Hello sahabat-sahabat semuanya, pada kesempatan serta artikel kali ini saya akan berbagi kepada sahabat sekalian cara membuat kue balok tanpa cetakan kue balok.

Pastinya dengan cara dan tahapan yang sederhana nan mudah supaya sahabat-sahabat sekalian semuanya bisa mengikuti semuanya selangkah demi selangkah dengan mudah di rumah kalian masing-masing.

Disini saya juga berani menjamin hasil kue balok dari resep kali ini ga akan kalah nikmat dan enak dengan yang dijual di pedagang pinggir jalan, toko kue ataupun cafe-cafe diluar sana.

Tetapi sebelum saya masuk ke pembahasan tersebut, saya ingin membahas sedikit hal yang masih berkaitan dan seputaran kue balok ini.

Barangkali diantara sahabat-sahabat ini masih ada yang belum mengenal kue balok ini kan.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi kita masuk ke pembahasan mengenai kue balok.

Kue Balok

cara membuat kue balok tanpa cetakan

Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk balok, kue balok ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, namun makanan ini juga tak luput dari perubahan seiring berjalannya waktu.

Makanan ini di zaman dulu aslinya memiliki tekstur keras dan sangat berbeda dengan sekarang. Kue balok dizaman saat ini kebanyakan memiliki tekstur lebih rapuh dan lembut dan mirip dengan bolu.

Meski demikian, saat ini masih terdapat kue balok tradisional atau yang memiliki tekstur keras seperti pada zaman dulu meski agak sulit untuk ditemukan saat ini.

Dahulu kue balok pasalnya merupakan menu favorit dari orang Belanda, mereka menjadikan kue balok sebagai jajanan atau snack mereka.

Makanan nyatanya juga pernah menuai kontroversi yakni kue balok sempat hampir berganti nama menjadi kue robur.

Hal itu bisa terjadi bukanlah tanpa alasan, karena saat itu terdapat kedatangan bantuan bis dari Jerman dengan merk Robur, bentuk dari bisnya ini sendiri sangatlah mirip dengan kue balok.

Namun, dikarenakan pada saat itu lebih banyak orang yang sudah terbiasa dengan nama yang lama jika dibandingkan dengan baru, perubahan nama dari kue balok jadi kue robur pun tidak jadi atau diurungkan.

Cara Membuat Kue Balok Tanpa Cetakan Kue Balok

cara membuat kue balok tanpa cetakan

Setelah tadi kita sudah membahas sedikit hal yang berkaitan dan seputaran dengan kue balok, kini sudah saatnya saya akan membahas cara pembuatannya.

Pastinya pembahasan kali ini yang sudah ditunggu oleh sahabat-sahabat sekalian kan ? hehe.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai cara pembuatan kue balok tanpa cetakan.

Bahan-bahan:

  • 135 gram tepung terigu (bebas menggunakan merk apapun)
  • 4 sdm gula halus atau gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder (bebas menggunakan merk apapun)
  • 1 sendok teh soda kue
  • 3 sdm susu bubuk putih (merk bebas)
  • 3 sdm coklat bubuk (merk bebas)
  • 3 telur
  • 150 gram cokelat hitam batangan
  • 6 sdm margarin
  • 3 sendok makan air

Langkah Pembuatan :

  1. Kalian bisa mengolah dark chocolate terlebih dahulu beserta menambahkan, margarin, serta juga air, lalu bisa kalian masak sampai meleleh serta mencair dan tunggu hingga dingin.
  2. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan wadah yang nantinya digunakan. Lakukan pengayakan tepung bersamaan dengan coklat bubuk, susu putih, baking powder serta baking soda.
  3. Selanjutnya, kalian bisa mempersiapkan alat yang digunakan untuk mengukusnya nanti.
  4. Selanjutnya, kalian bisa menyiapkan loyang martabak serta jangan lupa untuk mengolesinya dengan margarin diatas loyang.
  5. Setelah itu, kalian bisa mempersiapkan wadah lain yang digunakan nantinya dalam proses pembuatan adonan.
  6. Selanjutnya, kalian bisa menambahkan telur dan gula pasir kemudian kocok sampai muncul busa. sahabat-sahabat sekalian juga bisa jika ingin menggunakan mixer di sini.
  7. Setelah selesai dikocok, lanjutkan dengan menambahkan campuran tepung serta cokelat yang sudah meleleh tadi terlebih dulu, lalu aduk hingga sekiranya semua tercampur rata dan telah menjadi adonan.
  8. Selanjutnya, kalian masukkan ke dalam loyang dan kukusan lalu panaskan terlebih dahulu.
  9. Setelah sekiranya sudah panas, adonan ke dalam loyang dituangkan. Kemudian kukus dengan waktu selama kurang lebih 10 menit.
  10. Setelah sekiranya sudah 10 menit, kalian bisa angkat dan menyajikan kue baloknya

Demikian tadi artikel serta pembahasan tentang cara membuat kue balok tanpa cetakan kue balok, semoga artikel kali ini dapat membantu sahabat-sahabat sekalian yang sedang tertarik atau membutuhkannya.

Selain itu, sahabat sekalian juga jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada di website ini ya !, karena artikel disana ga kalah menariknya dengan yang ada disini !.

Sampai jumpa dilain artikel ya !, see u next time !.

Leave a Reply