Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Dibuat

Halo teman – teman semuanya pada kali ini saya akan membagikan cara membuat kompos sderhana dan cepat untuk dibuat. Disini selain cara pembuatannya saya juga akan membagikan beberapa hal mengenai apa itu kompos.

Maka dari itu, pastikan kalian simak penjelasan dibawah ini sampai habis ya, supaya tidak ada info dan hal – hal menarik yang terlewatkan.

Apa Itu Pupuk Kompos?

Kompos merupakan salah satu jenis pupuk yang dibuat dari daur ulang sampah. Misalnya sisa makanan atau sampah organik lainnya. Dari sekian banyak cara pembuatan kompos, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aerobik atau oksigen.

Ketika dibuang, sampah organik menghasilkan gas metana, yang dapat diubah menjadi gas rumah kaca. Anda dapat menghindari hal ini dengan memperlakukannya seperti pupuk organik.

Produksi pupuk organik dapat mengurangi jumlah sampah organik sebesar 25 hingga 50 persen, sehingga mengurangi produksi metana. Kompos berguna untuk menambahkan bahan organik ke dalam tanah agar tanaman dapat tumbuh lebih subur.

Selain itu, pupuk kompos juga dapat menyeimbangkan pH tanah, mengatur suhu tanah, mengurangi erosi tanah dan membantu tanaman menyerap unsur hara secara optimal dari lingkungannya.

Pada dasarnya ada dua cara untuk membuat kompos, yaitu aerobik dan anaerobik. Metode aerobik merupakan metode pengomposan yang paling sederhana karena tidak memerlukan zat pengaktif seperti EM4, sehingga penggunaan kompos dibuat melalui proses alami.

Gunakan sisa sayuran dari dapur dan daun kering dari kebun untuk membuat kompos di rumah. Membuat kompos aerobik sangat mudah dan murah, jadi Anda bisa mencobanya sendiri.

Selain itu, membuat kompos secara mandiri dapat menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk di toko agar tanaman Anda tumbuh subur. Lihat cara membuat kompos yang bisa Anda coba dibawah ini.

Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat

Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat

Untuk media pembuatan kalian bisa menggunakan wadah yang ada di rumah seperti keranjang cucian, mangkuk plastik atau tong. Bersihkan tangki untuk menghilangkan minyak, residu kimia dan kotoran sebelum digunakan dalam proses pengomposan.

Salah satu kunci terpenting untuk pengomposan yang sukses adalah bahan. Berikut adalah beberapa tips untuk bahan pengomposan.

Sampah organik coklat dan hijau sangat dianjurkan. Bahan hijau termasuk sayuran dapur dan limbah buah, limbah rumput dan daun hijau kebun. Bahan coklat mengandung daun kering, ranting kecil, kulit kayu, dan sebagainya.

Untuk daun sebaiknya dicacah menjadi kecil – kecil terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan gunting atau bantuan mesin seperti mesin pencacah koompos.

Bahan yang hars dihindari :

  • Bahan makanan yang terkontaminasi minyak dan santan
  • Produk yang terbuat dari susu
  • Bahan sisa hewani seperti tulang, kulit, dan daging
  • Kulit buah yang keras seperti kulit kacang, salak, dan durian
  • Abu rokok dan arang

Cara membuat :

  1. Bor lubang di bagian bawah tangki untuk digunakan dalam proses pengomposan. Lubang – lubang ini berguna sebagai ventilasi dan sebagai saluran kelebihan air.
  2. Pembuatan kompos dari daun kering dimulai dengan mencampurkan 3 bahan dari sampah organik hijau, sampah organik coklat dan kompos yang sudah jadi dengan perbandingan 1:1:1. Tempatkan campuran tiga bahan dalam mangkuk kompos.
  3. Bilas dengan air sampai kelembaban mencapai sekitar 30%. Tutup wadah dengan rapat, tetapi tidak harus kedap udara.
  4. Tambahkan tiga jenis sampah organik diatas secara berkala sesuai dengan komposisi seimbang seperti langkah kedua, tambahkan juga air sesekali untuk menjaga kelembapan.
  5. Jika kompos digunakan sebagai media tanam, tambahkan tanah ke setiap lapisan.
  6. Proses pengomposan memakan waktu sekitar dua bulan.
  7. Kompos siap jika hari sudah gelap dan mudah terurai.
  8. Saring kompos, jika perlu, untuk hasil yang lebih seragam.

Baiklah, itu tadi adalah cara membuat kompos sederhana dan cepat yang bisa kalian aplikasikan di kebun masing – masing dan semoga saja bermanfaat bagi kita semua. Kalau begitu saya undur diri, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa.

Leave a Reply