Cara Cek Tagihan PLN dan Penyebab Listrik Membengkak

Cara cek tagihan PLN sangat mudah saat ini bahkan tanpa perlu datang langsung ke kantor PLN. Boleh cek langsung secara online dengan membuka laman resmi PLN dan bisa juga degan call center PLN.

Tagihan listrik memang bisa saja membengkak jika banyak sekali penggunanya. Hal ini akan cukup membuat konsumen khawatir jika keuangan tidak mendukung. Ketahui penyebabnya agar bisa berhemat.

Cara cek tagihan PLN online dan penyebab listrik membengkak

  1. Boros menggunakan lampu

Lampu saat ini banyak sekali mereknya dengan kelebihan masing-masing. Tetapi jika ingin berhemat penggunaan listrik boleh coba menggunakan lampu LED. Karena jenis lampu ini  memiliki watt yang cenderung rendah sehingga penggunaan listrik pun lebih kecil. Ruangan tetap terang dan tagihan listrik tidak akan membengkak setiap bulannya. Bahkan ada yang bilang lebih menghemat energi listrik hingga 90 persen.

  • Selalu menghidupkan rice cooker dan dispenser

Rice cooker salah satu alat elektronik yang sulit dipisahkan dari kehidupan saat ini. Hampir semua rumah baik kalangan bawah hingga atas sudah menggunakannya untuk memasak nasi. Jika ingin nasi hangat dalam jangka waktu yang lama, maka rice cooker selalu dihidupkan.

Padahal ini bisa membuat listrik membengkak saat cek tagihan listrik, solusinya boleh menghangatkan nasi sebentar sebelum dikonsumsi. Jangan menghidupkan rice cooker dari pagi hingga malam tanpa satu menit pun dimatikan.

Begitu juga dengan penggunaan dispenser, hanya disambungkan ke listrik saat diperlukan saja. Jangan disambungkan seharian karena tentu saja sia-sia. Apalagi jika sering berada di luar rumah, maka dispenser dimatikan saja.

  • TV menyala saat tidur

Ini sudah jelas sangat disayangkan dan merugikan. Kebiasaan ini sudah banyak sekali orang melakukannya, ketiduran saat sedang menonton TV. Sehingga jika tidur sangat nyenyak tv bisa hidup sampai pagi.

Tidak ada orang menonton, penggunaan energi listrik terus berjalan akhirnya terkejut di akhir bulan karena banyak sekali tagihan listrik. Solusinya, jika sudah mengantuk matikan saja televisi dan mulai tidur. Jangan memaksakan menonton padahal mata sudah tak sanggup lagi.

  • Telat bayar tagihan

Ini sering terjadi untuk yang menggunakan sistem pascabayar. Keterlambatan dipengaruhi banyak hal, seperti lupa karena sibuk dengan aktivitas masing-masing ataupun sedang mengalami kesulitan di keuangan. Terlambat bayar tagihan dikenakan denda yang tentu tidak murah.

Apalagi jika sering terlambat, maka denda pun semakin tinggi. Loket listrik yang cukup jauh pun membuat orang lupa dan malas keluar rumah untuk bayar tagihan. Makanya, manfaatkan apk bayar tagihan ataupun cara lain untuk bayar tagihan listrik secara online.

  • Colokan listrik lupa cabut

Ketika charger Hp ataupun laptop sudah tak diperlukan lagi karena daya baterai sudah penuh, kebiasaan orang masa kini membiarkan kabel charger masih tersambung di colokan. Padahal secara tidak sadar, penggunaan energi listrik terus berjalan.

Colokan yang terus menempel dan tidak digunakan tentu akan sangat merugikan. Lain halnya jika tidak mempengaruhi tagihan listrik. Oleh karena itu, lain kali jangan lupa mencabutnya.

  • Pompa Air

Saklar otomatis untuk mematikan pompa air di rumah sebenarnya membuat penggunaan listrik naik. Memang benar, kran air sudah dimatikan namun mesin pompa masih terus menyala. Setelah mencapai tekanan tertentu, baru listrik tersebut akan mati sendiri. Penggunaan listrik untuk bisa sampai di tekanan yang dibutuhkan inilah, sangat tidak efisien. Daya listrik yang disedot terlalu besar.

Untuk pengecekannya sendiri bisa dilakukan melalui situs terpercaya seperti Hotelmurah.com. Di sini Anda tinggal menggunakan nomor Hp dan ID pelanggan untuk mengecek tagihan dan bayar listrik online. Selain itu tersedia pula layanan beli token listrik. Demikian cara cek tagihan listrik PLN online terpercaya.

Leave a Reply