Biaya Pembuatan PT

Struktur permodalan yang tercantum dalam pembuatan akta perusahaan biasanya akan memunculkan klasifikasi terhadap jenis perusahaan. Sesuai syarat pendirian PT, modal dasar minimal yang harus dimiliki adalah sekitar Rp50 juta. Sementara modal setor minimalnya sejumlah 25 persen dari modal dasar, yang merupakan tanggung jawab dari 2 orang pemegang saham.

Menurut jumlah modal setornya, PT bisa diklasifikan menjadi 3 jenis, yakni: (1) PT Klasifikasi Kecil dengan modal setor antara Rp50-500 juta; (2) PT Klasifikasi Menengah dengan modal setor antara Rp500 juta-10 miliar; dan (3) PT Klasifikasi Besar dengan modal Setor di atas Rp10 miliar.

Dari perbedaan jumlah modal setor tersebut, setiap perusahaan memiliki biaya yang berbeda dalam proses pengurusan syarat pendirian PT. Selain jumlah modal, faktor lain yang akan memengaruhi pembiayaan jasa pembuatan PT adalah waktu penyelesaiannya. Semakin cepat diproses semakin besar pula harga yang ditawarkan.

Sebagai contoh, PT dengan modal setor minimum akan membutuhkan proses pengurusan selama 38 hari kerja dengan biaya sekitar Rp8-9,5 juta. Apabila mereka ingin mempercepat proses penyelesaiannya menjadi 22 hari kerja, mereka akan dikenakan biaya mulai dari Rp10,5 juta.

Sementara untuk PT dengan modal besar di atas Rp10 miliar, proses pengurusan selama 38 hari kerja akan membutuhkan dana sekitar Rp10-11,5 juta. Pengurusan pendirian PT dalam waktu yang lebih cepat, yakni selama 22 hari kerja, biasanya akan dikenakan biaya mulai dari Rp12,5 juta.

Dari berbagai skema pembiayaan jasa pendirian PT telah tersedia beragam paket penawaran sesuai kebutuhan pemohon. Setiap paket penawaran tersebut telah mencakup beberapa layanan pengurusan, seperti:

  1. Drafting Perjanjian Pemegang Saham
  2. Akta Pendirian dari notaris
  3. SK Pengesahan PT
  4. Daftar Perseroan
  5. Berita Negara
  6. BPJS Ketenagakerjaan
  7. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  8. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
  9. Surat Keterangan Terdaftar Pajak
  10. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Mikro/Kecil
  11. Tanda Daftar Perusahaan
  12. Drafting Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Perjanjian Jual Beli Saham gratis sebanyak 1 kali

Leave a Reply