Begini Cara Hitung PPnBM yang Benar

perhitungan pajak
menghitung pajak

Ingin beli barang mewah namun penasaran berapa pajaknya nanti? Kamu bisa-bisa saja hitung pajaknya sendiri, sehingga bisa dijadikan pertimbangan apapun kedepannya. Nama pajak yang dikenakan adalah PPnBM atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Setiap barang yang dikategorikan sebagai barang mewah akan dikenakan pajak ini, namun antara barang mewah satu dengan lainnya belum tentu punya aspek pajak yang sama.

Apa Saja yang Disebut Barang Mewah

Suatu barang dikategorikan sebagai barang mewah apabila memiliki ciri berikut.

1.       Dikonsumsi oleh masyarakat dengan pendapatan tinggi

2.       Dikonsumsi untuk menunjukkan status kekayaan semata

3.       Hanya dikonsumsi oleh golongan masyarakat tertentu

4.       Tidak termasuk bahan kebutuhan pokok

Jika barang yang ingin kamu beli memiliki salah satu atau beberapa ciri di atas, maka mari kita lanjut untuk mengetahui berapa tarif pajaknya.

Berapa Tarif Pajaknya

Meskipun aspek pajak satu barang mewah dengan lainnya bisa berbeda, namun tetap saja antara barang satu dengan lainnya pun tarif pajaknya bisa berbeda. Ya, tidak melulu sebesar 10% PPnBM nya, bahkan ada yang 35%. Supaya kamu tahu berapa tarifnya, crosscheck dengan daftar berikut.

1.       35% untuk minuman bebas alkohol, bahan berbahan kulit impor, batu kristal, bus, dan barang pecah belah

2.       25% untuk kendaraan bermotor berat dan berbahan bakar solar, misalnya combi, pick up, dan minibus

3.       20% untuk kendaraan bermotor kategori tertentu, alat fotografi, berbagai jenis permadani, dan peralatan olahraga impor

4.       10% untuk kendaraan umum kategori tertentu, alat rumah tangga, alat pendingin, hunian mewah, televisi, dan minuman non alkohol

Bagaimana Cara Hitungnya?

Cara menghitungnya adalah dengan rumus. Kalau pakai jasa konsultan pajak, kamu bisa saja langsung dihilangkan. Untuk pakai jasa konsultan pajak memang pakai biaya tambahan, namun perhitungannya sudah pasti valid. Misalnya saja menggunakan Jasa Konsultan Pajak Jogja, tentunya akan mempermudah perhitungan anda.

Adapun rumusnya adalah

PPN = Tarif PPN x (Harga Barang – PPnBM)

Kenapa ada PPN dalam pembahasan PPnBM kali ini? Sebab keduanya merupakan satu kesatuan pajak, ada PPN ada juga PPnBM. Kalau kamu masih saja bingung, bisa langsung cari jasa konsultan pajak Jogja atau lainnya di sekitarmu. 

Leave a Reply