Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Seperti di negara lain, Korea juga memiliki makanan khasnya, contohnya seperti makanan yang mencerminkan negara Korea itu sendiri. Saat Anda berlibur ke Korea dan kebetulan menjumpai beberapa makanan ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi rasanya di lidah Anda. Beberapa makanan khas Korea tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sannakji, Gurita Hidup yang Bisa Dimakan

Sannakji belakangan ini banyak beredar di berbagai media sosial, dan ternyata makanan ini berasal dari negeri ginseng. Sannakji sendiri merupakan gurita mentah yang dimakan hidup-hidup dengan tambahan sambal atau saus pedas. Anda juga harus berhati-hati saat memakan Sannakji ini karena bisa saja potongan gurita hidup tersebut menyangkut di kerongkongan. 

Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Banyak konten kreator yang membuat video ASMR saat sedang memakan Sannakji ini, dan hal tersebut tentu membuatnya semakin populer. Merasakan sensasi potongan bagian tubuh gurita yang menggeliat di dalam mulut mungkin merupakan tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Banyak sekali orang yang tertarik memakan makanan ini, apakah Anda salah satunya? 

2. Samgyeopsal, Potongan Daging Perut Babi yang Bisa Dikonsumsi

Samgyeopsal merupakan makanan asal Korea yang gurih dan dijamin membuat air liur menetes. Bagaimana tidak? Isian daging babi yang penuh lemak dan menggugah selera dipanggang seperti BBQ, lalu diberi olesan pasta cabai.

Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Cita rasa Samgyeopsal sendiri sangat gurih, lemak dari isian daging babi dan tekstur yang pas bila dipanggang dengan baik akan menghasilkan makanan yang enak. Tak heran jika Samgyeopsal sangat populer di Korea. Bahkan di beberapa negara pun sekarang sudah menyediakan restoran khas yang berisi makanan korea, termasuk Samgyeopsal ini. 

3. Jajangmyeon, Mie Hitam yang Populer 

Jajangmyeon adalah mie yang dicampur dengan saus berupa kedelai hitam yang manis, sedikit asin, dan gurih. Makanan satu ini menjadi sangat populer karena banyak ditayangkan di berbagai film drama Korea. 

Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Cara penyajiannya juga mudah dan sederhana, hal ini menjadikan Jajangmyeon banyak disukai orang. Cita rasanya yang gurih akan semakin nikmat dan lengkap apabila ditambahkan dengan irisan daging dan sayuran. 

4. Bulgogi, Makanan Dari Daging Sapi 

Bulgogi merupakan salah satu makanan favorit orang Korea. Bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan Bulgogi ini adalah daging sapi segar. Daging sapi tersebut akan langsung diiris sampai tipis, lalu dimarinasi menggunakan campuran dari beberapa bumbu. 

Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Bumbu yang dimaksud sendiri meliputi kecap manis, gula, garam, jahe, minyak wijen, lada, dan bawang putih. 

Setelah semua bumbu meresap ke dalam daging sapi, maka daging sapi tersebut bisa segera dimasak dengan cara dipanggang maupun digoreng. 

Cita rasa dari Bulgogi sendiri dominan terasa manis sebab bumbunya yang menggunakan kecap dan gula. Tetapi, untuk Anda yang senang memakan irisan daging dengan bumbu pedas maka Anda dapat menambahkan bumbu cabai yang biasanya disediakan di tempat makan tersebut. 

5. Tteokbokki, Cemilan Kenyal Favorit Orang Korea

Tteokbokki merupakan makanan kesukaan masyarakat Korea lainnya yang banyak muncul di berbagai drama Korea dan memiliki cita rasa pedas luar biasa. Tteokbokki sendiri terdiri dari kue beras, ada juga yang menggunakan irisan sosis, potongan daging, dan beberapa sayur seperti wortel. Bahan tersebut kemudian dilumuri dengan saus khas Korea yang memiliki rasa pedas dan manis. 

Beberapa Makanan Khas Korea yang Populer dan Sayang untuk Dilewatkan

Ada juga yang menyediakan tteokbokki dengan rasa keju atau dengan tambahan lain seperti mie. Saking terkenalnya cemilan Korea satu ini, tteokbokki bahkan sampai dijual di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Cara penyajian tteokbokki sendiri dibuat seperti mie instan, yaitu dengan cara direbus. 

Itulah dia beberapa makanan yang akan Anda jumpai di Korea atau di beberapa restoran yang menyediakan makanan Korea. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencoba? 

Leave a Reply