Apa itu Ping? Pengertian dan Cara Test Pada Windows

Secara praktis, selain menggunakan Command Tracert, perintah PING termasuk digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Anda tidak dapat mengakses suatu website. Lalu, apa itu ping dan bagaimana langkah test domain terhadap Windows?
Apa itu Ping?
Packet Internet Gopher atau yang kita kenal sebagai ping adalah perintah untuk mengecekan response server dan client didalam sebuah jaringan internet. Dengan perintah ping ini, Anda dapat mengetahui koneksi antara antara kedua jaringan.

Berikut adalah informasi yang dapat Anda ketahui bersama menggunakan ping.

Mengetahui standing up/down komputer atau server target didalam jaringan.
Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer atau server didalam suasana up/down menggunakan perintah PING. Jika komputer tersebut memberi tambahan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.
Memonitor availability standing komputer didalam jaringan.
PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availibilitas komputer didalam jaringan yang merupakan salah satu indikator mutu jaringan yaitu bersama melaksanakan PING secara periodik terhadap komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, makin lama bagus mutu jaringan tersebut.

Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.
Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi bersama komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay membuktikan makin lama lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini termasuk dapat digunakan sebagai indikator mutu jaringan.
Cara PING di Windows
Berikut ini adalah contoh Cara melaksanakan PING terhadap Windows ;

  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah keluar pop up lantas kamu tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar layaknya di bawah ini , lantas kamu tinggal ketikkan –> ping (spasi) namadomainanda
    Perhatikan hasil pingnya :

Reply : Menunjukkan bahwa koneksi yang kamu menggunakan mengakses bersama server tujuan.
Request time out : Ada masalah terhadap koneksi, layaknya tidak cukup stabilnya koneksi yang digunakan, atau IP Publict terblock oleh Firewall server.

Destination host unreachable : Kemungkinan modem belum tersambung ke jaringan internet, atau rintangan DNS.
Jika Anda tidak dapat mengakses web site Anda dan hasil PING membuktikan Request Time Out silakan dicoba untuk restart koneksi yang digunakan. Bila hal ini masih terjadi, silakan menghubungi support dari provider hosting dan informasikan hasil PING tersebut untuk digunakan sebagai bahan analisa penyebab barangkali web site Anda tidak dapat diakses.

Selain itu informasikan termasuk IP Publik koneksi Anda saat ini (Bisa diperiksa menggunakan layanan untuk menghindar barangkali IP Publik Anda terblok di segi server.

Leave a Reply