7 Produk Teknologi Paling Berpengaruh dalam Dekade Ini

Selama dekade ini, yang terbentang dari 2010 hingga 2019, kamu menjumpai beberapa produk teknologi inovatif yang mempengaruhi kehidupan manusia. Bukan hanya soal komunikasi, tapi juga kehidupan sehari-hari lain seperti transportasi sampai hiburan.

Beberapa produk ini memberikan kesan mendalam untuk manusia dan bisa dibilang sangat essensial. Dampak yang di berikan teknologi-teknologi ini terhadap industri sangat besar. Banyak pengaruh yang diberikannya hingga mengubah peta industri teknologi saat ini.
Apa saja produk-produk teknologi paling berpengaruh itu dalam dekade ini? Simak daftarnya berikut ini.

  1. WhatsApp
    Tidak dapat dipungkiri, mungkin saat ini hampir semua orang yang kamu kenal sudah memakai software WhatsApp. Sejatinya, WhatsApp berlahiran pada November 2009, tapi kemudian baru terasa dampaknya pada 2010-an.
    WhatsApp sangat berpengaruh mengubah kebiasaan orang-orang yang senang mengirim SMS untuk berkomunikasi, jadi lewat aplikasi pesan. BlackBerry Messenger juga memiliki peran yang sama, tetapi eksistensinya tidak bertahan lama seperti WhatsApp.
    Gaya bertukar pesan yang sederhana membuat WhatsApp masih menjadi kesayangan sampai sekarang. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang sudah familiar dengan aplikasi pesan satu ini.
  2. Instagram
    Awalnya, Instagram tidak begitu diidolakan semua pemakai. Masih tidak sedikit orang yang setia pada Facebook saat itu, atau di Indonesia tidak sedikit yang memilih aktif di aplikasi Path.
    Namun, perlahan Instagram menjelma menjadi platform media sosial terfavorit. Aplikasi berbagi foto dan video pendek itu menawarkan sekian banyak fitur menarik di dalamnya, terutama ketika Stories hadir. Bahkan, fitur yang dicontek dari Snapchat itu sekarang lebih sering dipakai ketimbang orang-orang mengunggah foto di feed.
    Bukan hanya untuk pemakai, Instagram juga menjadi platform media sosial yang paling penting untuk bisnis. Banyak brand yang memanfaatkan Instagram untuk promosi atau berjualan, apalagi dengan adanya selebgram saat ini.
    Instagram kini sedang mengambil alih dunia. Tapi apakah akan bertahan hingga satu dekade selanjutnya?
  3. Uber
    Tidak pernah terbayang sebelumnya, memesan taksi bisa dilakukan hanya lewat ponsel yang kamu genggam. Travis Kalanick menjadi sosok yang bertanggung jawab akan hal itu. Bersama Garrett Camp, Kalanick mendirikan Uber yang merupakan start-up transportasi online.
    Pengaruh yang di berikan Uber terhadap dunia transportasi sangat luar biasa. Banyak orang yang beralih menggunakan Uber sebagai sarana transportasi mereka sebab fasilitas dan efisiensi yang diberikan. Akibatnya, muncul protes dari seluruh penyedia transportasi konvensional.
    Uber juga menjadi inspirasi lahirnya perusahaan transportasi lain seperti Gojek dan Grab. Keduanya bersaing menjadi perusahaan transportasi online terbesar di Asia Tenggara saat ini.
    Lapangan pekerjaan baru yang besar sukses dibuat berkat Uber selama satu dekade ini.
  4. iPad
    Sebelum 2010, barangkali tidak sedikit orang yang memikirkan apakah akan ada produk seperti smartphone yang memiliki ukuran layar lebih banyak tapi ringan saat dipegang? Steve Jobs berhasil mewujudkannya lewat produk iPad yang dikenalkan pada awal 2010.
    iPad berhasil menjadi produk revolusioner dari Apple dalam industri tablet PC. Dalam satu dekade ini, produk mobile memang lebih penting untuk orang-orang. Setelah iPad lahir, begitu banyak perusahaan teknologi lainnya berlomba untuk menciptakan produk tablet sendiri.
    Bukan hanya untuk keperluan bekerja, iPad pun banyak dipakai untuk konsumsi hiburan. Laptop bisa tergantikan oleh iPad yang memiliki cip prosesor yang juga tangguh, khususnya untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi.
  5. iPhone 4S
    iPhone pertama yang berlahiran pada 2007 memang menjadi salah satu momen paling berpengaruh dalam dunia teknologi sepanjang masa. Tapi dalam satu dekade ini, iPhone 4S yang diperkenalkan pada Oktober 2011 juga memang peranan penting dalam menciptakan arah baru dalam industri smartphone.
    iPhone 4S hadir dengan desain yang segar dan menunjukkan tiga fitur inovatif, mulai dari asisten digital Siri, iCloud yang memungkinkan data dalam produk Apple tersinkronisasi dengan akun pemilik, hingga kamera yang dapat menciduk potret 8 MP dan merekam video 1080 pixel.
    Sejak itu, persaingan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi terus memanas sampai sekarang. Persaingan smartphone saat ini hanya berpusat pada sektor kamera.
  6. Oculus Rift
    Virtual reality (VR) atau realitas maya mungkin belum terlalu banyak dijumpai dalam dekade ini. Tapi, pengaruhnya sangat besar terhadap perkembangan Teknologi selanjutnya. Produk VR pertama, Oculus Rift, diperkenalkan dalam ajang CES (Consumer Electronics Show) 2013.
    Pengalaman menggunakan produk VR dari Oculus ini mendapat respons positif. Sebuah kiat baru dalam menikmati konten yang terasa lebih nyata dan interaktif. Banyak judul game yang saat ini hadir untuk perangkat VR.
  7. Amazon Echo
    Amazon Echo dikenalkan pada 2014. Perangkat speaker pintar itu muncul dengan Alexa, yang merupakana sisten virtual milik Amazon. Alexa memiliki kemampuan yang lebih pintar ketimbang Siri kala itu.
    Dengan Alexa, saya dan anda bisa menggunakan suara anda untuk mematikan lampu rumah, mengendalikan lagu apa yang mau diputar, dan melakukan pembelian barang di Amazon. Meski di Indonesia belum banyak yang menggunakan perangkat tempat tinggal pintar seperti ini, tetapi Amazon Echo telah mendorong kemajuan teknologi yang semakin canggih.
    Teknologi kepintaran produksi alias artificial intelligence (AI) jadi lebih kompleks setelahnya, termasuk machine learning yang digunakan memproses data-data yang diterima perangkat.

Leave a Reply