6 Tempat Yang Menarik Untuk Dikunjungi Di Turin

Kota Turin atau Torino adalah sebuah kota di wilayah utara Italia yang juga merupakan kota terbesar di kawasan Piemonte. Sepanjang abad ke 20, kota Turin yang juga ibukota Piemonte berkembang sebagai salah satu pusat industri penting di negara Italia. Jauh sebelum itu, kawasan ini juga merupakan pusat pemerintahan kerajaan Sardinia di bawah  Dinasti Savoy pada abad ke 18.

Sebagai salah satu pusat industri sekaligus bekas pusat kerajaan Sardinia, Turin memiliki beragam hal yang menarik untuk dilihat. Ibukota region Piemonte, Italia ini memiliki berbagai bangunan dan tempat menarik yang banyak dikunjungi oleh para turis mancanegara. Ada beberapa tempat menarik mulai dari museum, istana, katedral, dan lainnya yang menjadi daya tarik bagi turis untuk ke Turin.

Berikut adalah beberapa tempat dan bangunan menarik yang ada di kota Turin yang banyak memikat banyak turis mancanegara:

Piazza San Carlo

Piazza San Carlo adalah alun-alun kota Turin yang memiliki desain bergaya Baroque yang dibangun dari abad ke 16 hingga 17. Alun-alun ini dikelilingi oleh berbagai bangunan menarik termasuk diantaranya adalah dua gereja katolik kembar, Santa Cristina dan San Carlo Borromeo. Disini juga terdapat sebuah patung penunggang kuda dari perunggu yang menggambarkan Duke Emmanuel Philibert dari Dinasti Savoy.

Juventus Stadium

Juventus Stadium atau Allianz Stadium adalah salah satu stadion sepakbola yang berada di kawasan Valette, kota Turin. Stadion bertipe all-seater yang memiliki kapasitas lebih dari 41 ribu kursi penonton ini merupakan stadion dari klub Juventus. Bangunan stadion ini mulai dipakai sebagai markas utama Juventus menggantikan stadion lama mereka, Delle Alpi sejak tahun 2011.

Katedral Turin

Katedral Turin yang juga dikenal dengan nama Cattedrale di San Giovanni Battista merupakan katedral yang berada di kota Turin, Italia. Pembangunan katedral dilakukan dari menara loncengnya di tahun 1470-an dan dilanjutkan dengan bangunan lainnya sekitar tahun 1490-an. Guarino Guarini kemudian menambahkan bangunan kapel di struktur bangunan Katedral San Giovanni yang dibangun pada tahun 1668 hingga 1694.

Museo Egizio

Museo Egizio merupakan sebuah museum arkeologi di kota Turin yang berfokus pada arkeologi dan antropologi Mesir Kuno. Museum ini adalah salah satu museum terbesar di dunia yang menyimpan koleksi peninggalan dari masa Mesir Kuno. Total ada lebih dari 30 ribu artefak dari masa Mesir Kuno yang disimpan di museum ini.

Porta Palatina

Porta Palatina adalah sebuah bekas gerbang kota dari zaman Romawi Kuno di kota Turin yang berasal dari abad pertama Masehi. Gerbang kota ini merupakan salah satu contoh gerbang kota Romawi kuno yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Menurut legenda, di masa lalu kaisar Charlemagne pernah berkemah di bawah pintu gerbang ini pada tahun 773 Masehi.

Palazzo Reale

Palazzo Reale merupakan kompleks bangunan istana kerajaan yang menjadi tempat tinggal bagi keluarga kerajaan Dinasti Savoy di kota Turin. Kompleks bangunan istana ini menggabungkan gaya arsitektur Baroque dengan Neoklasik yang dibangun pertama kali pada tahun 1645. Sejak tahun 1946, kompleks istana ini menjadi properti negara dan diubah menjadi museum yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Keenam tempat wisata tersebut merupakan sebagian dari beberapa tempat menarik di kota Turin yang banyak dikunjungi oleh para turis. Tempat-tempat tersebut menjadi destinasi yang sangat menarik bagi banyak orang karena keindahan dan nilai sejarahnya serta berbagai hal lainnya. Beragam tempat tersebut banyak ditawarkan sebagai tujuan wisata dari berbagai paket wisata Eropa yang banyak ditawarkan oleh para agen wisata.

Leave a Reply