5 Tantangan Terbesar SEO dan Tips Untuk Menghadapinya

Mesin penelusuran seperti Google selalu melakukan perubahan pada algoritma pencariannya setiap waktu. Ini berarti anda akan terus menghadapi kendala SEO (Search Engine Optimization) baru seiring waktu yang berjalan. Jika anda tidak bisa melakukan perubahan dan mengikuti tantangan – tantangan tersebut, maka peringkat web anda akan drop dan kompetitor akan mengambil alih rank anda dalam penelusuran Google. Hari ini, saya akan mencatat tentang evolusi SEO besar yang terjadi dan tips untuk menghadapinya. Apa saja kah kendala – kendala itu? Mari simak ulasan berikut:

1. Content Value

Konten yang bernilai menarik, unik dan berfungsi akan sangat memprovokasi tingkatan / rank web anda pada search engine web. Google bertahun – tahun mengerjakan riset bagaimana cara orang – orang mencari konten dan tipe konten yang mereka inginkan. Google memahami dan mengetahui para pemakai search engine dalam mencari konten yang mereka maksud, itulah yang menjadikan Google sebagai search engine web yang sangat disukai saat ini. Oleh sebab itu, penting untuk anda ketahui bagaimana hubungan antara SEO dan Nilai Konten yang akan menciptakan web kamu akan jadi nomor satu dipencarian mesin penelusuran Google. Dalam mencatat konten yang bernilai tidak saja kuantitas atau panjangnya isi konten yang dapat menciptakan web anda jadi nomor 1 di mesin pencari, tetapi mengenai kualitas dan ketepatan isi konten yang anda tulis yang diperlukan oleh semua pencari tulisan di Google. Penting untuk diketahui apa yang menciptakan konten berharga. Berikut adalah 3 hal penting yang bisa dilakukan untuk menciptakan konten yang bernilai.

Pertama, anda harus meyakinkan bahwa konten yang anda tulis mencakup begitu banyak  topik persoalan dan memberikan solusi untuk masalah yang sering dirasakan oleh banyak orang. Carilah referensi yang ada dibanyak website web dan bangunlah penyelesaian untuk memecahkan masalah yang ada pada topik tersebut. Saat menulis, tidak boleh membuang – buang waktu anda dengan sambil mengerjakan hal – hal lain sebab hal ini akan mengganggu kefokusan anda dalam mencatat konten yang bernilai.

Kedua, pastikan isi konten anda tidak hanya teks saja. Misalnya kamu bisa menambahkan konten video, infografis dan gambar supaya bisa menarik minat pembaca dan juga memudahkan semua pembaca dalam mengetahui konten yang anda berikan. Ini akan menjadi nilai plus seperti konten kamu.

Ketiga, pastikan mencatat konten yang up-to-date alias masih hangat dalam pembicaraan publik. Kabar baik, Google baru – baru ini sudah merancang sistemnya untuk menampilkan tulisan – tulisan atau berita yang mengandung konten up-to-date dihalaman depan pencariannya, ini sangat berfungsi dan bakal memudahan anda dalam naikkan tingkat pengunjung di blog anda karena web kamu akan terlihat dihalaman kesatu jika konten yang anda sajikan masih fresh / segar diperbincangan publik.

2.Topic

Buatlah topik ulasan yang unik dan menarik. Perlu diketahui, pada waktu dulu dalam menilai topik sangatlah mudah dikarenakan masih sedikitnya persoalan yang belum dibicarakan di Internet, tetapi seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan internet yang sangat pesat, maka mencari gagasan – gagasan untuk membina topik baru menjadi lebih sulit, sebab kebanyakan topik sudah dibicarakan oleh orang lain. Tetapi jika kamu kehabisan gagasan untuk membina topik yang ingin kamu bahas. Kamu dapat mengerjakan hal – hal berikut yang bisa membantu anda dalam menilai topik:

Buat Transkrip: Maksudnya jika ada konten yang populer dan hanya ada dalam bentuk video, maka anda dapat menciptakan ulang video itu dalam format transkrip ke dalam media tulisan.

Tulis Ulang Konten: Salah satu cara cerdas untuk mencatat konten adalah dengan cara menulis ulang apa yang telah dibicarakan orang lain. Namun, saat mencatat ulang pastikan untuk mengembangkan konten itu menjadi lebih rinci dan lebih panjang dari apa yang sudah orang lain bahas sebelumnya untuk dijadikan nilai lebih dari konten yang anda buat.

3. Competition

Tidak perduli apa target dan tujuan blog kamu, tentu akan ada yang namanya kompetisi. Diharapkan supaya kamu tidak panik saat ada pesaing baru yang ingin mengalahkan web kamu. Tetapi menurut keterangan dari kami persaingan itu adalah suatu hal yang penting sebab dari adanya kompetisi itu kita bisa belajar bagaimana caranya supaya web dan produk yang anda tawarkan tidak kalah dengan semua pesaing lainnya. Mengapa persaingan itu penting? ini alasannya:

Dapat Wawasan Baru: Memiliki persaingan di dalam bidang yang sama itu seperti anda akan menemukan wawasan besar karena kompetisi. Jika seseorang yang menjadi pesaingmu itu adalah orang yang telah lama berkecimpung didunia bisnis yang anda jalani sekarang, anda bisa mengikuti bagaimana cara dia dalam menambah bisnisnya di Internet, dan tidak boleh ragu – ragu untuk mengembangkan apa yang telah anda ikuti dari sainganmu.

Dapat Ide Tulisan: Terkadang sesekali anda mengunjungi web sainganmu dan kamu bisa mendapatkan gagasan – gagasan dari tulisannya.

4. Future Update

Bukan rahasia lagi bahwa Google sekarang ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh banyak orang dan Google selalu melakukan perubahan untuk menambah algoritmanya dalam menilai hasil penelusuran web. Google setiap tahunnya pasti melakukan perubahan algoritma mesin pencarinya, untuk itu kamu harus mencari cara bagaimana teknik mempersiapkan diri anda kedepannya untuk menghadapinya. Ini adalah tantangan besar terutama untuk kamu yang belum pernah mengikuti perubahan algoritma sebelumnya. Perubahan algoritma mesin penelusuran Google bisa saja menciptakan rank web anda naik atau justru menurun dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara menghadapinya?

Pastikan anda selalu melakukan perubahan yang dibutuhkan dari evolusi sebelumnya;

Kamu harus terus mengikuti perubahan dari search engine kedepannya;

Selalu melihat kualitas link anda untuk meyakinkan bahwa anda memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh mesin penelusuran seperti Google.

Jika anda belum mempunyai akun Google Webmaster Tools, usahakan anda membuatnya sekarang untuk menemukan informasi evolusi algoritma mesin penelusuran Google. Setiap adanya evolusi itu, anda akan menemukan email bagaimana cara mengatasinya.

5. Link Building

Link Building yaitu sebuah cara untuk mendapatkan linkback dari situs lain mengarah ke website kamu. Kalau kamu ingin website anda mendapatkan banyak pengunjung, maka anda harus menduduki posisi teratas di hasil pencarian. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka kamu perlu backlink.

Dulu kamu bisa mengakali backlink dengan mudah yaitu dengan cara kamu menciptakan website palsu untuk menciptakan backlink ke web  asli kamu. Tetapi baru – baru ini trik itu agak riskan untuk dilakukan karena bisa – bisa website anda kena pinalti dan niatnya ingin buat rank web anda jadi meningkat, ehh ternyata jadi justru menurun drastis. Bahkan bisa – bisa web anda hilang dari mesin pencari.

Ada baiknya anda membuat link yang berkualitas, seperti menciptakan link dari situs yang telah terkenal dan mempunyai reputasi yang tinggi. Buatlah backlink yang natural alias yang diberikan secara suka rela atau telah diberi ijin dari sang pemilik web. Jangan sekali – sekali memakai spam atau komentar otomatis.

Terakhir

Sekian tulisan tentang 5 Tantangan Terbesar SEO dan Tips Untuk Menghadapinya. Meningkatkan SEO memang butuh ketekunan dan pintaran dalam meningkatkannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Sumber : Ways to Boost e-Commerce Sales Using SEO

Leave a Reply