10 Masjid Terkenal Di Indonesia Yang Indah Dan Megah

Masjid terkenal di Indonesia – Pada ulasan kali ini kita akan memberi ulasan tentang beberapa masjid terkenal di Indonesia yang desainnya sangat indah, modern dengan arsitektur yang sangat megah. Bahkan di Indonesia juga memiliki wakil masjid terbesar di Asia Tenggara dan dunia.

Sebagai negara yang penduduknya mayoritas Muslim, tentu saja, di Indonesia banyak tempat ibadah umat Islam dari kecil ukurannya hingga yang sangat besar.

Masjid di Indonesia ada beberapa yang dibuat dengan gaya arsitektur yang sangat megah dan juga indah, ada juga sebuah masjid di Indonesia, mencerminkan beberapa budaya seperti budaya Cina, India dan Arab .

Namun sayangnya, kemegahan masjid di Indonesia tidak disertai dengan peningkatan jemaat, kecuali bulan Ramadhan, di mana masjid-masjid di Indonesia selalu penuh dengan jamaah.

Berikut adalah beberpa masjid terkenal di Indonesia:

  • Masjid Dian Al Mahri di Depok

Al-Mahri Masjid Dian atau sering disebut Masjid Kubah Emas sangat mungkin masuk daftar masjid yang indah di Indonesia, karena masjid Depok ini bisa membuat semua orang kagum kubah emas.

Kubah berlapis emas terdiri dari kubah utama dan empat kubah kecil, sementara menguasainya 8-ton kristal chandelier diimpor langsung dari Italia, dan ada beberapa bantuan di dalamnya juga ditutupi dengan emas.

Secara umum, masjid berdiri di atas 50 hektar pelukan tanah gaya arsitektur masjid di Timur Tengah. Masjid yang dapat menampung sekitar 20 000 anggota dibuka untuk umum sejak 31 Desember 2006.

  • Al Akbar Masjid di Surabaya

masjid yang indah di Indonesia kemudian bahwa Masjid Al-Akbar di Surabaya. Masjid yang didirikan pada tanggal 4 Agustus 1995 tentang gagasan walikota merupakan masjid terbesar ketiga di Indonesia.

Keunikan masjid yang diresmikan oleh mantan Presiden Abdurrahman Wahid November 10 lalu 2000 terletak di desain arsitektur yang unik tapi modern pada daun kubah berwarna biru-hijau.

Masjid ini memiliki dua lantai dengan lift dan menara dengan ketinggian 99 meter. Dalam babak ini, pengunjung dapat menikmati pada saat yang sama pandangan tiga kota dari kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan.

Pintu masuk adalah 45 pintu utama di jati. Juga di masjid ini juga ada ornamen kaligrafi dengan panjang 180 meter dan lebar 1 meter. Masjid ini terletak di jalan Pagesangan Kabupaten Jambangan, Surabaya.

  • Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru

Saya masjid begitu indah Pekanbaru, sampai banyak orang disebut “Taj Mahal Riau.” Masjid ini dirancang oleh Ir Suseno dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968.

Pada tahun 2000, masjid ini direnovasi, di mana wilayah itu awalnya awalnya hanya 4 hektar, sekarang 12,6 hektar. Selain itu, masjid ini memiliki tiga lantai dengan 3 kamar tidur tangga, di mana bagian bawah ada empat pintu, sedangkan bagian atas ada 13 buah pintu.

Di dalam masjid, ada kaligrafi oleh Azhari Nur Jakarta. Selain itu, Masjid Agung An-Nur juga memiliki prasekolah lembaga pendidikan seperti sekolah, perpustakaa, lobi, ruang pertemuan, ke kantor.

  • Masjid Islamic Centre Samarinda

Masjid yang terletak di desa Lerong Telok Ulu di Kota Samarinda, Kalimantan Timur merupakan terbesar kedua masjid Asia Tenggara Istiqlal setelah masjid di ibukota Jakarta, Indonesia.

Wilayah pembangunan utama Masjid Islamic Center Samarinda sekitar 43.500 meter persegi, memiliki 7 menara utama dengan menara 99 meter, dan dinding luar menara dikelilingi oleh Nama Indah lafadz.

Dia mengatakan pergantian Masjid Islamic Center Samarinda terinspirasi oleh masjid di Madinah, sedangkan kubah Nabi terinspirasi oleh kubah Masjid Hagia Sophia di Istanbul. Dua menara di pintu gerbang yang disebut “menara kembar” satu dan dua.

  • Masjid Istiqlal di Jakarta

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Selatan dan salah satu yang paling masjid terindah di Indonesia. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Indonesia pertama Soekarno Ir yang mulai dibangun 24 Agustus 1951.

Unik, masjid ini didalangi oleh seorang Kristen Frederich Silaban dan tidak banyak berdiri di samping Katedral Jakarta.

Gaya bangunan mencakup arsitektur modern dengan lantai marmer dan dinding ditutupi dengan ornamen geometris dihiasi. Sementara kubah utama 45 meter dengan diameter dengan upaya berkelanjutan 12 pilar, dan tower unik memiliki ketinggian 96,99 meter.

Masjid Istiqlal terletak di timur laut dari Merdeka rumah persegi monumen. Dia mengatakan 7 hektar dapat menampung 200.000 jamaah di masjid.

  • Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Masjid-masjid yang indah sebelah di Indonesia, yaitu Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. Masjid ini merupakan salah satu situs sejarah yang masih bertahan sampai hari ini, karena masjid ini dibangun di Kesultanan Aceh, yaitu pada tahun 1612.

Selama masa kolonial, masjid ini dibakar sekali oleh Belanda pada tahun 1873, untuk perlawanan dari rakyat Aceh melawan Belanda. Namun masjid ini dibangun kembali pada 1879-1881 atas perintah Jenderal Van Der Heijden.

Jika pada pembangunannya masih sangat sederhana tanpa fasilitas modern seperti adanya jam digital masjid, maka sekarang sudah sangat indah dan mewah.

Sementara gaya bangunan masjid merangkul gaya Mughal (India). Selain itu, masjid ini diperluas beberapa kali, yaitu pada tahun 1936, tahun 1958-1965 pada tahun 1992 dan dibangun kembali pada tahun 2008.

  • Masjid Agung di Semarang, Jawa Tengah

Berikutnya adalah Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah. Masjid, yang di jalan Gajah Raja, Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari mulai konstruksi Semptember pada tahun 2002 dan secara resmi dibuka pada bulan November 2006.

Gaya arsitektur masjid yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektar adalah campuran Jawa dan bangunan bergaya Yunani. bangunan bergaya Yunani diwakili 25 pilar merah di alun-alun, sedangkan desain gaya konstruksi diilustrasikan tanjung Jawa di bawah pilar utamanya.

Selain itu, Masjid Agung megah enam payung hidrolik raksasa, di mana payung bisa dibuka dan ditutup secara otomatis.

  • Al-Irsyad di Bandung

Jika yang paling masjid terindah di Indonesia di Bandung adalah masjid yang sedikit berbeda di Indonesia pada umumnya, khususnya berkaitan dengan bentuk bangunan. Ketika bentuk bangunan tampak seperti sebuah kubus berwarna abu-abu besar.

Susunan batu bata di dinding masjid baru selesai pada 2010 sangat mengesankan, di mana batu bata disusun retakan berbentuk hati-hati dalam batu padat.

Sementara masjid ada 99 lampu dengan kotak yang mengatakan nama Tuhan. Selain itu, masjid ini rancangaan Ridwan Kamil meraih penghargaan yang FuturArc Leadership Award 2010 Green.

  • Masjid Besar dari Sumenep di Madura

Masjid Agung Semenep Madura, atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, yang dibangun selama Panembahan Somala pada tahun 1779 AD.

Gaya arsitektur masjid oleh diarsiteki Piango Lauw adalah campuran dari budaya Cina, Eropa, Jawa dan Madura. Masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara 50 meter di sisi barat masjid.

Di depan halaman masjid yang pohon sawo dan memiliki arti tentu saja tidak pernah meninggalkan lima waktu shalat. Sementara itu, di samping pintu depan masjid, ada yang besar mark jam duduk Jonghans.

  • Masjid Agung di Tuban

Masjid-masjid yang indah sebelah di Indonesia di Jawa Timur, Masjid Agung Tuban. Masjid di desa daerah Kutarejo, Tuban, Kabupaten Tuban dibangun pada tahun 1894.

Masjid ini pernah disebut Jami memiliki konsep yang cukup unik dari bangunan, dimana ornamen di masjid sangat menarik dengan warna biru dan hijau lengkap dengan kubah besar.

Masjid ini akan menjadi lebih indah jika dilihat pada malam hari, di mana warna masjid menunjukkan pesona. Juga tidak jauh dari masjid bukanlah museum bunga putih yang menyimpan berbagai benda bersejarah seperti sebuah buku kuno dari Al-Quran.

Nah, ini adalah beberapa yang paling masjid terkenal di Indonesia. Bahkan, ada banyak masjid di Indonesia yang memiliki desain yang unik dan arsitektur yang indah, tetapi karena batas-batas yang cukup informasi.

Leave a Reply